Sambut 1 Abad, PSHT Karawang Lakukan Prosesi Penyerahan Air dan Tanah

Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Karawang setelah acara prosesi penyerahan air dan tanah.

Karawang – Pencak Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) Cabang Kabupaten Karawang punya cara sendiri untuk memeriahkan rangkaian acara menyongsong satu abad SH Terate. Yaitu dengan melakukan prosesi pengumpulan tanah dan air dari masing-masing ranting dengan mengusung konsep temu manten.

Acara yang diadakan pada hari Minggu, 12 Juni 2022 tersebut dimulai dengan melakukan kirab dari sisi utara dan selatan gedung Padepokan SH Terate Cabang Kabupaten Karawang yang di lakukan oleh semua ranting / komisariat SH Terate Cabang Kabupaten Karawang diiringi oleh warga SH Terate Cabang Kabupaten Karawang.

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/07/dprd-karawang-dorong-pencak-silat-jadi-muatan-lokal-di-sekolah/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/06/begini-rincian-perolehan-medali-kejuaraan-silat-bupati-cup/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/07/mantap-tadjimalela-pertahankan-predikat-juara-umum-ketiga-kalinya/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/07/wahhhsekcam-majalaya-didatangi-pendekar-silat-ada-apa/

Acara kemudian dilanjutkan dengan penyambutan dan memboyong ( membawa ) rombongan pembawa tanah dan air ke hadapan Ketua Dewan Cabang Kangmas K.R.A.T Yuli Eko Prasetyo oleh cucuk lampah yang berjalan sambil melakukan kembangan yang diambil dari pasang silat khas SH Terate diringi gending Kebo Giro, kemudian dilanjutkan dengan prosesi pasrah panampi.

“Tujuan digunakannya kembangan yang diambil dari pasang Silat SH Terate saat prosesi menyambut dan memboyong rombongan pembawa tanah dan air adalah untuk memberikan corak seni silat khas SH Terate,” ungkap Kangmas Henri Tri Saputro, pria kelahiran Desa Kaibon yang bertugas menjadi cucuk lampah pada acara tersebut.

Hadir dalam acara tersebut H. Sujana Rusawana SH, MH Kepala Kesbangpol Karawang yang bertindak mewakili Wakil Bupati Karawang untuk menyerahkan tanah dari Masjid Agung Karawang kepada Ketua Dewan Cabang SH Terate Kabupaten Karawang.

Dalam sambutannya Kepala Kesbangpol menyatakan kekagumannya terhadap acara prosesi tersebut.

“Baru kali ini saya melihat acara organisasi silat yang kental dengan nuansa budaya seperti ini, sangat bagus dan harus tetap dilestarikan, ” ungkapnya.

Kepala Kesbangpol juga memberikan pesan agar tetap berhati-hati, waspada dan menjaga agar SH Terate Kabupaten Karawang tidak disusupi oleh Paham Radikal.

“SH Terate ini adalah organisasi yang sangat aktif dan luar biasa, selain sudah memiliki SK Kemenkumham, anggota yang banyak juga dapat menyuguhkan acara yang sangat bagus seperti ini, saya berpesan agar seluruh perangkat dan anggota dapat menjaga organisasi ini agar tidak disusupi oleh paham paham radikal yang dapat merusak persatuan dan kesatuan di Indonesia,”katanya.

Apresiasi juga diberikan oleh Ketua I IPSI Karawang, H. Suryana yang hadir bersama dengan sekretaris dan bendahara IPSI Karawang.

“Acara budaya sperti adalah acara yang sangat kami harapkan dapat dilakukan secara berlanjut oleh seluruh paguron yang ada di Karawang,” ujarnya, juga berkenan menyerah kan air dari sumur tua Masjid Agung Karawang kepada Ketua Cabang SH Terate Kabupaten Karawang untuk selanjutnya di campur bersama dengan tanah dan air dari seluruh Ranting dan akan diserahkan kepada Perwapus SH Terate Jawa Barat sebelum dibawa ke Madiun.

Acara yang juga di hadiri oleh Ketua Karang taruna Kec. Purwasari tersebut dilanjutkan dengan Selamatan dan diakhiri dengan gembul Sujono diiringi penampilan seni jurus tunggal SH Terate.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Baca Nih ! ASN Bolos Kerja Ini Sanksi yang Diterima

Karawang – Hari pertama masuk kerja kehadiran Aparatur Sipil Negara ...