Desa Balonggandu Fokus Pembangunan Infrastuktur dan Ekonomi

Kades Balonggandu Anto Suheryanto

Karawang – Untuk meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Maka tak heran jika pemerintah Desa Balonggandu fokus pembangunan infrastuktur dan ekonomi.

Kades Balonggandu Anto Suheryanto mengatakan, pembangunan infrastruktur jalan menjadi program prioritas desa tersebut. Salah satunya, pembangunan jalan dan saluran air untuk mencegah terjadi kebanjiran pada saat musim hujan, serta membantu dalam meningkatkan perekonomian masyarakat. “Program prioritas lebih ke infastuktur dan ekonomi,” Ucapnya, kepada Fakta Jabar, Selasa (21/6/2022).

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/21/bupati-targetkan-tahun-2023-angka-stunting-karawang-menurun/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/21/oh-ini-alasan-pemerintah-ganti-nama-kampung-budaya/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/20/pengembangan-ekraf-kearah-digitalisasi-marketing/

BACA JUGA : https://www.faktajabar.co.id/2022/06/20/uptd-pkb-dishub-karawang-optimis-capai-396-miliar/

Menurutnya, setiap desa tentu mempunyai program kerja yang berbeda, disesuaikan dengan kebutuhan kondisi yang ada di masing-masing desa. “Soalnya, di Desa Balonggandu, masih ada jalan yang rusak serta saluran air yang tersendat,” ungkapnya.

Ia menambahkan, dalam menentukan program tersebut tentunya tidak sepihak, melainkan melakukan pembahasan musyawarah rencana pembangunan desa dengan melibatkan berbagai unsur. Seperti tokoh masyarakat, badan pengawas desa, RT, RW dan petugas desa lainnya. “Program infrastuktur dan ekonomi ini menjadi program prioritas sesuai dengan kebutuhan dan permintaan desa dalam rapat musrembang,” tuturnya.

Menurutnya, program skala prioritas tersebut merupakan langkah yang tepat membangun desa. Pasalnya, jika saluran air dan akses jalan lancar, maka bisa membantu roda perekonomian masyarakat. “Sebagai petugas desa, akan selalu terus membenahi permasalahan yang terjadi di masyarakat, agar bisa membantu dalam meningkatkan kesejahteraan,” ungkapnya.

Ia mengaku, kucuran dana desa tahap satu sudah direalisasikan memperbaiki saluran yang tersumbat, dengan membuat turap dan perbaikan jalan atau pengerasan jalan, agar pada saat musim hujan tidak terjadi kebanjiran. “Jika jalan rusak dan saluran air sudah diperbaiki. Saya harap, masyarakat harus ikut serta bertanggung dengan merawat. Karena manfaatnya untuk kita semua,” pungkasnya.(*)

Reporter : Acu Samsudin
Editor : Ochim Alazis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...