Mahasiswa PJKR Unsika Gelar Jambore di Puncak Sempur

Karawang – Jambore adalah sebuah kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun oleh mahasiswa PJKR Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) sebagai bentuk edukasi terhadap mahasiswa khususnya mahasiswa baru. Kegiatan jambore bertujuan menambah pengetahuan serta terjalin silaturahmi antara mahasiswa dengan mahasiswa serta mahasiswa dengan dosen.

Opan, Ketua Pelaksana mengatakan, biasanya pembelajaran dilaksanakan di dalam kelas. Tapi berbeda dengan jambore dilaksanakan di luar kelas agar bisa merasakan pendidikan luar kelas seperti berkemah.

“Pembentukan karakter serta di uji jiwa kepemimpinan kita saat pelaksanaan jambore di luar kelas,” katanya, Rabu (24/8/2022)

H. Andrie Chaerul, M,Sc .Ph.D selaku Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unsika mengapresiasikan kegiatan jambore sebagai bentuk pendidikan luar kelas, PJKR adalah satu-satunya prodi di Unsika yang prestasinya sampai tingkat dunia yaitu Melani Putri Atlit dayung Indonesia.

“Semoga kedepan dengan adanya jambore akan timbul semangat berprestasi serta muncul melani-melani yang lain dari PJKR FKIP Unsika,” ujarnya.

Selain itu materi dalam jambore penghayatan pancasila dan wawasan kebangsaan yang di bawakan oleh Insani Prayoga, M.Sc yang sangat lantang mengungkapkan bahwa pentingnya materi ini agar kalangan milenial tidak sampai kepada pemahaman radikal yang salah, selain itu materi tentang sejarah dan kebudayaan membentuk pemuda berjiwa patriotis di sampaikan oleh Drs. H. Acep Jamhuri, M. Si. Selaku Ketua Pejuang Siliwangi Karawang serta Sekda Kabupaten Karawang.

Pada kesempatan itu pemateri mengungkapkan bahwa Karawang punya segudang sejarah, bahkan peristiwa kemerdekaan embrionya berasal dari karawang. Selain itu juga ia menyampaikan kepada para peserta siapa itu singaperbangsa yang dipakai oleh Unsika.

Dijelaskan secara singkat tentang sejarah Bupati pertama Kabupaten Karawang.


Selain itu DPL kegiatan Ardawi Sumarno, S.Pd,.M.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan jambore adalah momentum untuk menanamkan jiwa kepemimpinan, kebersamaan, serta cinta terhadap Unsika.

“Sehingga kelak para mahasiswa bisa meraih prestasi dalam perkuliahan, mahir dalam penelitian, serta bersedia dalam pengabdian,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...