Pemkab Karawang Siap Rekomendasikan Kenaikan Upah Pekerja 20 Persen

Audiensi buruh dengan Pemkab Karawang

Karawang – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang menyampaikan ucapan terima kasih kepada para buruh Koalisi Buruh Pangkal Perjuangan (KBPP) yang melakukan aksi unjuk rasa kenaikan Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan tertib.

“Terima kasih kepada rekan rekan buruh. Melihat aksi serupa di daerah lain yang terjadi kericuhan, di Karawang berlangsung tertib dan damai. Mewakili Bupati dan Wakil Bupati, saya sampaikan terima kasih,” ucap Sekda saat menerima perwakilan KBPP di Ruang Rapat Wakil Bupati, Jumat (9/9/2022) siang.

Sekda menyebut semua warga negara berhak menyampaikan aspirasi. Secara kelembagaan maupun pribadi, ia juga memberikan apresiasi kepada kawan buruh yang telah menyampaikan aspirasinya sesuai mekanisme.

Selanjutnya, Pemkab akan menindaklanjuti tiga poin tuntuan buruh dalam aksi tersebut. Tiga poin itu antara lain soal penolakan kenaikan BBM, revisi undang undang nomor 11 tentang tenaga kerja dan kenaikan upah pekerja tahun 2023 sebesar 10-20 persen.

“Tiga poin tuntutan itu memang ranahnya ranah pemerintah pusat. Namun, kami sebagai lembaga memiliki sistem dan cara sendiri. Apa yang menjadi tuntutan kawan buruh, siap direkomendasikan kepada Presiden dan DPR RI melalui surat,” ujarnya.

“Selain itu, untuk mengantisipasi PHK massal dampak kenaikan BBM, insya allah dalam waktu dekat, Pemkab akan melayangkan surat bupati kepada para pimpinan perusahaan untuk tidak melakukan PHK secara sepihak,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...