Prestasi Tingkatkan Internasional Ekskul Pencak Silat

Karawang – Ekstrakulikuler pencak silat telah memperoleh kejuaraan di tingkat internasional.

Ekstrakulikuler Pencak Silat SMA Negeri 1 Karawang saat ini telah kembali melakukan latihan secara langsung setelah 2 tahun terhambat pandemi Covid 19. Richodiaz Abimanyu, ketua ekskul pencak silat menyampaikan setelah melakukan latihan beberapa bulan sejak tahun 2022, saat ini telah berhasil memperoleh kejuaraan di tingkat internasional pada Agustus 2022 lalu. Juara yang diperoleh yakni juara utama dan kedua. Perlombaan tersebut dilakukan secara langsung di Bandung.

“Alhamdulillah untuk saat ini kita udah jalan beberapa bulan ke depan sudah ada program latihan secara langsung. Kita sudah memperoleh juara satu dan dua di perlombaan tingkat internasional,” ujarnya pada Kamis (29/9).

Ia melanjutkan saat ini sedang mempersiapkan perlombaan pada November dan Desember 2022. Hal utama dalam pencak silat yakni gerakan yang dipelajari untuk melindungi diri dan bersosialisasi dengan teman. Ia memaparkan saat perlombaan selalu membawa teknik khusus yang sudah diciptakan oleh anggota.

“Dalam waktu dekat kita menyiapkan lomba untuk November dan Desember. Saat lomba teknik khusus pasti kita bawa, tapi teknik itu bisa kita ciptakan sendiri,” tambahnya.

Ia melanjutkan memerlukan waktu lebih dari satu bulan. Hal ini bertujuan untuk mematangkan teknik sebelum diperlombakan. Inspirasi yang diperoleh berasal dari serangan musuh. Teknik yang telah diciptakan yakni saat musuh menendang langsung ditangkap dan ditambah bantingan.

“Menciptakan teknik butuh waktu berbulan-bulan karena untuk mematangkan teknik. Kita ga bisa secara spontan langsung berhasil,” paparnya.

Ia memaparkan kembali, apresiasi yang telah diberikan oleh pihak sekolah berupa adanya anggaran yang diberikan bagi ekskul tersebut. Ia akan menciptakan program latihan yang terjadwal sesuai dengan materi. Saat ini latihan pada Selasa dan Jumat. Ekskul ini memiliki sebanyak 30 orang anggota.

“Apresiasi dari sekolah contohnya saat kemarin tanding kita diberikan biaya untuk penginapan. Saya akan membuat program terjadwal misalnya dalam minggu ini latihan power,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pansus Rancangan Peraturan Daerah Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Karawang

Saepudin Juhri Anggota DPRD Kabupaten Karawang Karawang – DPRD Kabupaten ...