Verifikasi Data Penerima Bantuan Sosial BLT BBM

Karawang – Arie Yanti, Sub Koordinator perlindungan dan jaminan sosial TPKS Dinas Sosial memaparkan saat ini sedang dalam proses verifikasi data. Setelah proses tersebut selesai, akan diberikan surat keterangan kepada penerima dana bantuan sosial BLT BBM. Ia melanjutkan sumber data penerima berasal dari tiga instansi.

“Saat ini kami masih proses verifikasi data, nanti dari data itu kami akan siapkan SK penerimanya. Kalau BLT BBM ini dari tiga sumber yakni dari dinas perhubungan, dinas perikanan dan dinas koperasi,” ujarnya pada Senin (10/10).

Ia memaparkan kembali dari pihak dinas koperasi melakukan pengajuan data sebanyak 16.000. Setelah proses cleansing data tersebut berkurang menjadi 6000 data. Saat ini data yang telah masuk hanya berasal dari dinas perikanan sebanyak 3.131 data penerima. Data dari dinas koperasi dan perhubungan hingga saat ini belum masuk ke dalam dinas koperasi. Data dari dinas perhubungan sebanyak 1000.

“Ajuan dari dinkop aja ada 16.000 data tapi setelah ada cleansing data jadi hanya 6000 data yang diajukan ke kita. Sementara ini data yang sudah pasti masuk hanya dari dinas perikanan 3.131,” tambahnya.

Ia mengungkapkan tidak memiliki kendala saat proses verifikasi data. Pihak dinas sosial telah melakukan rapat dengan 3 instansi tersebut untuk mempercepat penyerahan data. Persyaratan penerima yakni dari dinas koperasi harus memiliki NIB, dinas perikanan yakni nelayan yang berasal dari aplikasi Kusuka, dinas perhubungan yakni ojek online yang memiliki akun, ojek pangkalan yang memiliki surat keterangan dari kepala desa, supir yang memiliki dari surat keterangan dari organisasi supir.

“Kalau persyaratannya itu sudah di atur dalam peraturan bupati dan setiap dinas memiliki syarat berbeda,” imbuhnya.

Jumlah bantuan tersebut sebesar 200 ribu setiap 1 bulan. Penyaluran dana akan diberikan selama 3 bulan. Pemberian dilakukan pada Oktober hingga Desember 2022.

“Rencananya akan diberikan 200 ribu per bulan, selama 3 bulan dari Oktober sampai Desember,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...