Teknologi Energi Terbarukan Melalui Sampah Plastik

Perusahaan Malaysia bersama Kepala DLHK dan Bank Sampah Induk Karawang

Karawang – Perusahaan asal Malaysia Mampan Jitu (M) SDN BHD melakukan kunjungan ke kabupaten karawang, Jawa Barat, Indonesia pada tanggal 24 Oktober 2022.

Kedatangan mereka melakukan diskusi dan presentasi pada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan di Kota Pangkal Perjuangan. Mereka juga sekaligus menggandeng pegiat lingkungan dari Bank Sampah induk Kabupaten Karawang.

Teknologi yang ditawarkan pada alat ini dalam upaya mengurangi sampah plastik yang kemudian akan di konversi menjadi bahan bakar minyak (solar).

Nor Azman Mahat, Direktur Utama perusahaan tersebut berencana kedepan akan ada agenda investasi terkait alat teknologi yang dimiliki perusahaan ini di Karawang.

“Dan berharap agenda tersebut dapat terjalin dalam waktu secepatnya,” kata dia melalui rilis yang diterima Fakta Jabar, Selasa (29/11/2022)

Ia harapkan, selain di Karawang bisa dilakukan di beberapa wilayah lainnya. “Harapan kami agenda kerjasama nanti tidak hanya berlangsung di kab. Karawang saja, dan dapat di lakukan di beberapa wilayah lain di Indonesia yang memiliki persoalan sampah yang sama, yaitu pengelolaan sampah plastik,” kata dia.

Kunjungan ke Bank Sampah Induk Karawang

Sementara itu, Bank Sampah Induk (BSI) Karawang menyambut baik terkait perusahaan Malaysia yang berencana investasi di Karawang. Pasalnya, sampah yang ada saat ini menjadi masalah belum dapat ditanggulangi secara teknologi.

“Sedangkan kapasitasnya terus bertambah. Bahkan setiap hari sebanyak 800 Ton sampah yang belum terangkut pemerintah ke pembuangan,” pungkas Ketua Bank Sampah Induk, Haerudin, kepada Fakta Jabar di Jalan Bogor, Kelurahan Karangpawitan, Kecamatan Karawang Barat.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...