Seniman Karawang Peduli Cianjur, Salurkan Bantuan dengan Cara Ngamen di Jalanan

Seniman Karawang Peduli Cianjur

Faktajabar.co.id – Seniman Karawang terjun langsung dalam menyalurkan bantuan korban gempa di Cianjur, Jawa Barat. Tak hanya memberikan bantuan para seniman juga membawa pendongeng handal dari Karawang Abah Kaspin untuk menghibur sekaligus trauma healing pasca gempa.

Kepada wartawan, perwakilan seniman Suzan Septyanti mengatakan, pihaknya sendiri melakukan penggalangan dana dengan melaksanakan konser ngamen amal selama dua minggu yang dilakukan oleh para musisi dan artis yang di jalan alun-alun Karawang. Hasilnya terkumpul dana sebesar Rp. 15.258.000 yang kemudian disalurkan dalam bentuk logistik.

“Kami sangat tergugah dengan kejadian bencana gempa yg menimpa saudara saudara kita di cianjur. Setelah kami bergerak dan melihat langsung situasi di lokasi titik gempa betul saja sangat memprihatinkan kondisinya. Sekaligus kami mendengar langsung cerita dari masyarakat, sangat sedih dan tidak bisa terbayang dalam kondisi seperti itu,” kata Suzan, Selasa (6/12/2022).

Ada pun sejumlah logistik yang disalurkan ke posko gempa Cianjur, diantaranya Beras, selimut, paket makanan anak-anak, popok bayi, terpal, mie Instan, karpet, Sajadah, Uang buat anak, dan obat-obatan.

Para seniman sendiri memilih menyalurkan bantuan ke Desa Cibulakan, Kecamatan Cugenang. Erik menjelaskan alesan kenapa lokasi penyaluran kesana, disebabkan karena mendapatkan informasi dari media bahwa warga disana hanya tidur di atas pemakaian dan berada di tengah sawah. Mirisnya lagi disana mereka tidur dengan tenda seadanya bahkan bocor.


“Alasan kami ambil lokasi tersebut sebelumnyaa ada pemberitaan di media warga di tempat tersebut tidur di tengah sawah, di atas pemakaman umum. Hal ini membuat kami tersentuh dan tidak terbayang, semoga dengan bantuan ini bisa terbantu,” harap Ambon sapaan akrabnya.

Ambon sendiri berharap semoga Warga Cianjur bisa sabar, dan kuat dalam menghadapi fenomena bencana alam. Semoga situasi bisa kembali normal.

Disisi lain, Tokoh Masyarakat Ustaz Mumu mengucapkan banyak terima kasih kepada para musisi Karawang yang sudah memperhatikan keadaan Warga Cianjur.

“Kami sangat berterima kasih pada seniman dan musisi karawang yang sudah peduli. Bahkan ampai harus ngamen demi membantu kami yang membutuhkan,” Ucap Mumu.

Mumu sendiri menjelaskan persoalan ke depan masih panjang. Terutama berkaitan tempat tinggal mereka yang rata dengan tanah, kapan dirinya bersama warga setempat bisa memiliki rumah kembali. Bahkan sampai hari ini, kata Mumu gempa susulan masih sering terjadi.


“Persoalan kedepan saya kira masih panjang, khususnya menyangkut tempat tinggal. Entah sampai kapan, karena masih ada gempa susulan,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...