BPS Karawang Gelar Rakorda Pendataan Awal Regsosek, Begini Lika Likunya

Badan Pusat Statistik Kabupaten Karawang

Karawang – Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Karawang, menggelar Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Pendataan Awal Registrasi Sosial Ekonomi (Regsosek) tahun 2022, pada Jumat, (9/12/2022) di Hotel Swiss Bell-in Karawang.

Pada kesempatan itu, BPS Karawang memaparkan lika-liku proses pendataan Regsosek di Kota Pangkal Perjuangan.

Kepala BPS Karawang Robert Ronytua Pardosi mengatakan, pelaksanaan Regsosek Pendataan Satu Data Program Perlindungan Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat berlangsung dari tanggal 15 Oktober hingga 14 November 2022.

“Rakorda ini kita gelar untuk menjelaskan hasil sementara pendataan dan kendala-kendala yang kita hadapi selama proses pendataan kita di lapangan,” ungkap Robert.

Kata Robert, salah satu kendala utama dalam proses Regsosek di Karawang adalah sulitnya mendata warga yang tinggal di kawasan perumahan elite.

“Sebenarnya bagi masyarakat yang belum terdata karena kesibukan dan tidak mempunyai banyak waktu, BPS sudah menyebarluaskan call center di minggu terakhir Oktober 2022, agar bisa memilih apakah mendata mandiri atau bisa didatangi petugas dengan waktu yang sudah disepakati,” jelas Robert.

Selain itu, proses pendataan Regsosek kali ini berlangsung di musim hujan. Sehingga, para petugas pendata harus berpacu dengan waktu untuk mencapai target data yang mereka butuhkan.

“Kendala lain yaitu cuaca, pendata kita juga sampai harus menembus banjir di Karawang untuk mendapatkan data,” ujar Robert yang juga pernah bertugas di BPS Papua Barat.

“Tapi secara keseluruhan semua berjalan dengan lancar atas dukungan semua pihak,” imbuhnya.

Disinggung soal warga yang belum terdata. Robert mengaku masih menunggu arahan selanjutnya dari pemerintah pusat.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...