Ketua DPRD Karawang : PPK Harus Netral dalam Bertugas

Penandatangan Fakta Integritas

Karawang – Ketua DPRD Kabupaten Karawang, H. Budianto,SH menghadiri pelantikan PPK se-Karawang, Rabu 4 Januari 2023 di Galuh Mas.

Saat sambutan, Haji Budi menyampaikan petugas PPK harus netral. Tidak ada keberpihakan ke salah satu calon. Ia juga menyampaikan, idealnya sekretariat PPK tidak berada di kantor kecamatan. Hal itu, kata Budi, untuk menjaga netralitas.

“Kalau dewan ada reses ke kecamatan, tidak berpikiran hal negatif. Misalnya sekretariat PPK diluar kantor kecamatan. Tapi, dikembalikan lagi ke anggaran,” ujarnya

Budi juga menyebutkan, Pileg 2019 menjadi evaluasi dalam Pileg mendatang. Pasalnya, tidak sedikit petugas penyelenggara pemilihan umum meninggal dunia.

“Mungkin karena kecapean, kelelahan dan lain sebagainya. Peristiwa itu jadikan cerminan buat nanti,” kata Budianto.

Kata Budi, tugas PPK, PPS, KPPS cukup berat. Mereka memerlukan daya fisik yang kuat dan lebih ekstra anggarannya. Pasalnya, pesta besar masyarakat yaitu pemilihan legislatif DPR RI, DPD, DPRD Propinsi, DPRD Kabupaten/Kota dan Pemilihan Presiden. Serta Pemilihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024.

“Jadi betul betul harus persiapan dari sekarang. Fisik dan lainnya,” kata Budi.

Terkait sosialisasi Pemilu yang disampaikan pada masyarakat, bisa menyeluruh dan dilaksanakan dalam satu komando atau instruksi.

“Misalnya pelipatan kertas suara, jangan sampai berbeda-beda. Kecamatan ini disosialisasikan lipatannya seperti ini sementara di kecamatan lain seperti ini, berbeda,” ujarnya.

Menurutnya, jika hal ini dibiarkan dikhawatirkan menjadi permasalahan. Sebab, ada dikhawatirkan ada kepentingan dibalik lipatan kertas suara.

“Karena kalau lipatan dalam kertas suara itu salah, maka akan terjadi banyak surat suara tidak sah. Apalagi Pemilu 2024, kertas suara akan lebih banyak,” tambahnya.

Terakhir ia menyampaikan selamat dan sukses untuk petugas PPK ke Kabupaten Karawang. “Selamat bertugas, jaga netralitas dan amanah,” tandasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...