Tingkatkan Skill dan Mental, Ratusan Atlet Raksa Budhi Unjuk Kebolehan di Kejurda Jawa Barat

Atlet pencak silat Raksa Budhi

Karawang – Sebanyak 185 atlet bertanding menjadi yang terbaik dalam Kejuaraan Daerah (Kejurda) Pencak Silat Raksa Budhi se-Jawa Barat di GOR Panatayudha, Karawang, 18-19 Februari 2023.

Ketua Umum Perguruan Pencak Silat Raksa Budi Karawang, Suryana, didampingi Ketua Harian, Didin Bahrudin, mengatakan, ratusan atlet yang terlibat berasal dari 18 unit perguruan Raksa Budhi Karawang, dan tujuh cabang perguruan Raksa Budhi yang ada di Jawa Barat yaitu Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Subang, Kabupaten Bekasi, Kota Cirebon, dan Kabupaten Garut.

“Kejurda kami gelar sebagai ajang silaturahmi sekaligus dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-48 Raksa Budhi,” ujar Suryana.

Selain itu, Kejurda yang dibuka langsung oleh Ketua Umum Pusat Raksa Budhi, Asep Cece Juhandi, digulirkan untuk meningkatkan skill maupun mental bertanding atlet yang selama ini aktif berlatih di unit maupun cabang Raksa Budhi.

“Kami bertekad untuk terus melahirkan atlet pencak silat yang mampu berprestasi baik di level provinsi, nasional bahkan internasional. Karena kami memiliki sejarah yang cukup membanggakan dengan melahirkan atlet yang berprestasi di level Asia Tenggara yaitu Didin Bahrudin yang saat ini menjadi Ketua Harian Raksa Budhi Karawang,” ucapnya.

Kemudian, jelas Suryana yang menjabat Wakil Ketua DPRD Kabupaten Karawang, Kejurda juga digelar sebagai bentuk komitmen perguruan Raksa Budhi untuk aktif terlibat dalam melestarikan budaya pencak silat di Indonesia.

“Karena itu, dalam Kejurda tak hanya melibatkan kategori SMA/SMK yang fokus ke prestasi, tapi SD dan SMP sebagai ajang pembibitan atlet,” katanya.

Ketua Pelaksana Kejurda Pencak Silat Raksa Budhi, Ecan Afandi menambahkan, Kejurda mempertandingkan kategori tanding dan tunggal untuk tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK. Para juara di kelas yang dipertandingkan mendapat medali dan sertifikat.

“Kami juga menyediakan piala dan sertifikat untuk pesilat terbaik putra dan putri tingkat SMA sederajat, piala juara umum (satu, dua dan tiga) untuk tingkat SD, SMP dan SMA sederajat, serta sertifikat untuk semua peserta,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hore.. Pondok Pesantren dan Pendidikan Agama Islam Dapat Bantuan, Cek Nih Persyaratannya

KARAWANG – Ada 10 jenis bantuan yang akan diberikan dari ...