Mengenal PSHT, Organisasi Pencak Silat Berusia 100 Tahun

Dokumen Foto Srikandi PSHT Cabang Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Pusat Madiun

Persaudaraan Setia Hati Terate atau PSHT merupakan perguruan silat berusia 1 abad. Perguruan silat PSHT menjadi salah satu organisasi silat yang tertua di Indonesia. Sebab menurut sejarahnya, PSHT didirikan pada 1922 oleh Ki Hadjar Hardjo Oetama.

PSHT semula bernama Setia Hati Pencak Sport Club (SH PSC). Ki Hadjar Hardjo Oetama merupakan murid dari Ki Ngabehi Soerodiwiryo atau kerap dipanggil Eyang Suro yang menjadi cikal bakal PSHT. Dikutip dari laman resmi PSHT, kelompok tersebut kemudian dicurigai oleh pemerintah kolonial Belanda sebagai gerakan perlawanan, sehingga dibubarkan.

Tak hanya itu, Ki Hadjar Hardjo juga dibuang ke Jember, Cipinang, dan Padangpanjang, Sumatera Barat. Sepulang dari masa pengasingan, ia kembali mengaktifkan SH PSC dengan mengganti nama “pencak” menjadi “pemuda” sebagai siasat agar tidak dibubarkan Belanda. Nama SH PSC kemudian diubah lagi menjadi Setia Hati Terate pada 1942, atas usulan dari Soeratno Soerengpati, seorang tokoh pergerakan Indonesia. Namun, saat itu SH Terate baru bersifat perguruan, bukan organisasi.

Baca Juga : https://www.faktajabar.co.id/2023/03/18/mantap-guru-mulok-penca-silat-dapat-gaji-loh/

Baca Juga : https://www.faktajabar.co.id/2023/03/18/mantap-guru-mulok-penca-silat-dapat-gaji-loh/

Baca Juga : https://www.faktajabar.co.id/2023/03/19/usai-dilantik-haji-acep-dpc-ppsi-diharapkankembangkan-budaya-silat-di-tingkat-kecamatan/

Baca Juga : https://www.faktajabar.co.id/2023/03/19/99-siswa-psht-uji-kemampuan-bela-diri-hingga-naik-tingkat/

Baru pada 1948, perguruan SH Terate diubah menjadi organisasi Persaudaraan Setia Hari Terate yang dipimpin oleh Soetomo Mengkoedjojo. Perubahan ini berdasarkan hasil konferensi yang diadakan di rumah Ki Hadjar Hardjo di desa Pelangbango, Madiun, Jawa Timur.

Saat itu, PSHT diketuai oleh Oetomo Mengkoewidjojo dan Darsono sebagai wakil. Kepemimpinan PSHT dilanjutkan M Irsyad pada 1950. Di masa ini, ada beberapa tambahan materi latihan, yaitu 90 senam, jurus belati, dan jurus toya. Di masa RM Imam Koesoepangat (1974), PSHT berkembang cukup pesat hingga memiliki belasan juta anggota dari seluruh dunia.

Selepas Imam Koeseopangat, PSHT dipimpin oleh Tarmadji Boedi Harsono, SE pada 1981. Saat menjabat, Tarmadji mendirikan Yayasan Setia Hati Terate untuk mengelola kekayaan PSHT. Tak hanya di Indonesia, saat ini PSHT telah tersebut di berbagai negara, seperti Belanda, Perancis, Belgia, Jerman, dan Amerika Serikat.

Cara menjadi anggota PSHT

Untuk menjadi bagian dari Persaudaraan Setia Hati “Terate”, seseorang terlebih dahulu harus mengikuti sederet latihan pencak silat dasar. Nantinya, mereka akan mendapat sabuk hitam, merah muda, hijau, dan putih kecil, sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Setelah menamatkan pencak silat dasar tersebut, seseorang akan dianggap sebagai warga atau saudara SH jika telah disahkan oleh Dewan Pengesahan pada bulan Muharam atau Syuro. Disebutkan bahwa Dewan Pengesahan ini termasuk saudara SH terbaik yang dipilih melalui musyawarah. Sebelum proses pengesahan, kandidat warga SH akan mendapat “gemblengan” jasmani dan rohani secara mendalam.

Saudara SH yang baru disahkan ini baru berada pada tingkat I (erste trap). Sebagai informasi, ada tiga jenis tingkatan dalam PSHT, yaitu saudara SH Tingkat I (ester trap), Tingkat II (twede trap), dan tingkat III (derde trap). Sumber : Kompas.com

Editor : Ochim Alazis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...