Dishub Upaya Penguraian Kemacetan Jelang Lebaran

Ade Safrudin, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan

Karawang – Upaya Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang dalam mengurai dan mencegah kemacetan menjelang arus mudik Hari Raya Idul Fitri 2023

Hari Raya Idul Fitri identik dengan adanya mudik yang dilakukan oleh masyarakat. Selain meyiapkan program mudik gratis bagi masyarakat, Dinas Perhubungan Kabupaten Karawang pun telah melakukan koordinasi dengan pihak Polres untuk rekayasa jalan alternatif dan Alteri. Hal ini bertujuan agar mengurai kemacetan yang akan terjadi saat mudik berlangsung.

“Kami berkoordinasi dengan jajaran polres untuk rekayasa jalan alternatif dan alteri kalau terjadi antrian pemudik melihat situasional kondisi di lapangan juga,” ujar Ade Safrudin, Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Karawang pada Kamis (30/3/2023).

Ia pun menambahkan telah menyiapkan Rambu Pendahulu Petunjuk Jurusan (RPPJ) bagi pengendara di rest area serta beberapa Masjid. Proses rekayasa buka tutup jalan akan di dahulukan di wilayah Tanjungpura. Jalan Alteri hanya akan dilalui bagi pengendara roda 2 saja. Ia memaparkan untuk rute jalur Alteri melewati Wadas, Cilamaya dan akan keluar di wilayah Cikalong.

“Persiapan rppj tempat istirahat res area di masjid-masjid untuk kantong parkir peristirahstan. Kita melihat kondisi di lapangan masih belum tahu ada kelonjakan pemudik atau tidak, pertama kali kita mungkin tutup buka di Tanjungpura ya. Jalan Alteri hanya untuk kendaraan roda 2 yang menuju Wadas, Cilamaya lanjut keluar Cikalong, kalau alternatif dari Tanjungpura menuju jalan baru keluar Pendeu lanjut Dawuan Cikampek,” tambahnya.

Ia menyatakan telah terdapat masyarakat dengan kendaraan roda 2 yang melakukan mudik terlebih dahulu. Upaya lain yang dilakukan untuk mengurai kemacetan dengan menambahkan ruas di area jalan tol. Kemudian pembukaan GTT tol baru pun telah dilakukan.

“Kalau di lihat sekarang lonjakan itu tidak seperti tahun kemarin sekarang mereka sudah mengerti dan untuk kendaraan roda 2 sudah mulai ada yang jalan sekarang. Beberapa komunitas juga menyediakan mudik gratis. Penambahan ruas jalan tol sudah bisa dilalui dan jalannya sudah beres. Pembukaan GTT tol baru juga bisa membantu penguraian kendaraan juga. Kita tentatif tetap menghimbau pemudik untuk mengikuti rambu lalu lintas yang ada,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...