Jurusan RPL SMKN 1 Karawang Borong Prestasi

Jurusan RPL SMKN 1 Karawang

Karawang – Jurusan RPL SMKN 1 Karawang memborong banyak prestasi dari mulai tingkat kabupaten hingga nasional.

SMK Negeri 1 Karawang memiliki salah satu jurusan yang mempunyai prestasi di tingkat kabupaten sampai nasional. Jurusan tersebut yakni Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Gunawan Busyaeri, Ketua Jurusan RPL SMKN 1 Karawang memaparkan prestasi ini telah didapatkan sejak tahun 2021. Perlombaan ini di ikuti oleh beberapa bidang, pertama game development, grapic desaign Technology, rancang bangun metaverse, web desaign, IT Application foto Bussines, Markoding, Internet of Thing (IoT) Competition, poster sampai dengan karya tulis.

“Jadi anak-anak RPL kami ikutkan dalam ajang-ajang perlombaan, yang diikuti kebetulan banyak banget. Alhamdulillah dari 2021 sampai 2023 dapet juara terus,” ujarnya pada Rabu (28/3/2023).

Perlombaan pertama yang diikuti yakni lomba Kamp Kreatif SMK Indonesia bagi pelajar SMK tingkat nasional. Ia mengaku saat perlombaan tersebut berhasil membawa juara ke 2. Ia menambahkan aplikasi yang berhasil dibuat berupa game astrakala. Selanjutnya ia mengikutsertakan anak didik di perlombaan pengembangan metavers tingkat nasional dan provinsi. Kemudian ikut dalam Lomba Kompetisi Siswa (LKS) untuk tingkat kabupaten.

“Waktu awal di 2021 saya dampingin mereka ikut lomba KKSI bidang pengembangan game development, alhamdulilah langsung juara 2 tingkat nasional. Nama game yang diproduksi adalah astrakala. Top 25 tingkat nasional, di Jabar juga pernah itu kita bikin avatar, ruang digital segala macem. Kita juga masuk LKS Karawang dan saat itu juara 2 dan juara 3 di 3 bidang sekaligus,” tambahnya

Prestasi yang dimilki pertama KKSI bidang Game Development tingkat Nasional (Juara 2) 2021, kedua LKS Graphic Design Technology 2021 Juara 2 tingkat Kabupaten Karawang, ketiga Rancang Bangun Metaverse tingkat Nasional Top 25. Selanjutnya Rancang Bangun Metaverse Disdik Jabar, kemudian LKS Bidang Graphic Design Technology 2022 Juara 3 tingkat Kabupaten Karawang. Prestasi yang lain yakni LKS Bidang Web Design 2022 Juara 3 tingkat Kabupaten Karawang, LKS Bidang IT Application for Businesses Juara 3 2022 tingkat Kabupaten Karawang, Markoding : Perempuan Inovasi (Unicef) Juara 3 Harapan Nasional 2022, Lomba IoT Competition 4.0 Juara 2 Provinsi 2023, Lomba Poster Juara 1 tingkat Nasional Digifest (Technopark) 2023, Lomba Maritime Week Karya Tulis Ilmiah Juara 1 pada tahun 2023.

Ia mengimbuhkan terdapat perlombaan yang diikuti mendapatkan dukungan dari Unicef. Dalam lomba itu memperoleh juara harapan ke 3. Bidang yang di ikuti berupa pengembangan web dengan jumlah peserta sebanyak 1000 peserta. Ia mengaku jika menghimbau kepada seluruh anak agar optimal dalam proses pembelajaran. Selain itu agar dapat bangga dengan kreativitas yang dimiliki.

“Yang paling bergengsi itu lomba markoding bertema perempuan inovasi. Itu tingkat nasional rasa internasional karena didukung langsung oleh Unicef. Saat mentoring saya selalu tekankan untuk proses belajar sama-sama. Yang penting cari ilmu dan pengalaman baru sebanyak-banyaknya. Anak-anak pada keren, inovatif dan mudah diarahkan. Sampai saat ini saya bangga banget sama mereka,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Lapas Kelas II A Karawang Gelar Razia Kamar Hunian Untuk Mencegah Barang Terlarang Masuk Lapas

Karawang – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Karawang melakukan razia ...