UPZIS RSUD Karawang Salurkan Santunan 1.070 Mustahik

Unit Pengelola Zakat Infaq Shadaqah RSUD Karawang salurkan santunan

Karawang – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Karawang melalui Unit Pengelola Zakat Infaq Shadaqah (UPZIS) salurkan santunan sebesar Rp. 388 juta kepada 1.070 Mustahik di mesjid RSUD Karawang pada Jum’at, (14/4/2023).

Plt Direktur Utama RSUD Karawang, Fitra Hergyana menyampaikan, UPZIS RSUD Karawang telah mengelola zakat, infaq, shadaqah sejak 2008 hingga sekarang. Dana UPZIS berasal dari gaji atau insentif karyawan RSUD yang di potong dalam setiap tahun.

“Tahun 2023, 1444 Hijriah ini, dengan total distribusi Rp 388.100.000 dibagikan ke para mustahik sebanyak 1.070 orang. Pendistribusian zakat, Infaq, Shodaqoh ini rutin di lakukan UPZIS setiap tahunnya,” ujarnya.

Ia memaparkan, setiap tahun dana yang terkumpul dari zakat karyawan RSUD mencapai Rp. 600 juta per tahun. Sejak tahun 2004, UPZ (Unit Pengelola Zakat) Basnaz RSUD Karawang terus mengalami kenaikan angka zakat. Mulai dari Rp. 15 juta hingga mencapai Rp. 600 juta.

“Untuk tahun 2023 ini total pemasukan zakat terakumulasi sebesar Rp. 587 juta,” paparnya.

Pada bulan Muharram 1444 Hijrah, dana tersebut telah disalurkan sebanyak Rp. 189.900.000 untuk dibagikan kepada anak yatim dan orang tua jompo disekitar RSUD.

Kemudian, pada bulan Ramadhan ini dilanjut dengan membagikan santunan sebesar Rp. 388 juta kepada Mustahik yang terdiri dari anak yatim, orang tua jompo, guru ngaji, marbot, pensiunan dan yayasan anak yatim.

“Tak henti saya terus mengajak kepada seluruh masyarakat yang diberi kemampuan rezeki untuk ikut berbagi sebagaimana perintah nabi menyisihkan sebagian harta kita untuk mereka yang berhak,” imbuh Fitra.

Dalam hal ini, seluruh karyawan/karyawati RSUD gajinya dipotong langsung oleh bendahara melalui surat permohonan pemotongan. Dengan adanya UPZIS Fitra berharap, kegiatan-kegiatan positif seperti berbagi bisa terus terlaksana dengan baik dan berkelanjutan.

“Dokter, perawat, Bidan, tenaga kesehatan lainnya dan non tenaga kesehatan menyalurkan Zakat, infaq dan shodaqoh setiap bulannya dan terkumpul setiap tahun disalurkan pada momen bulan Ramadhan. Saya berharap kegiatan positif ini akan selalu berjalan dan terlaksana dengan baik,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...