Dinkop Resmikan Klinik Konsultasi Khusus Koperasi dan UMKM

Peresmian Klinik Konsultasi bagi Koperasi dan UMKM

Karawang – Peresmian Klinik Konsultasi bagi Koperasi dan UMKM agar mempermudah masyarakat dalam mencari informasi.

Pada Selasa (2/5/2023) Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Karawang melakukan peresmian Klinik Konsultasi Khusus Bagi Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

H.Aep Syaepulloh,SE Wakil Bupati Kabupaten Karawang menyampaikan klinik akan menjadi tempat untuk memberikan konsultasi dan pelayanan yang dapat mempermudah bagi para pelaku UMKM. Ia mengakui jika pemerintah daerah hingga sekarang masih mempunyai tugas untuk mendorong dan meningkatkan produk UMKM.

“Ruang ini berfokus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya bagi koperasi dan para pelaku UMKM yang akan memulai bisnisnya. Bagaimana hari ini pemerintah membantu para pelaku UMKM dalam hal kemandirian, agar setiap tahun kita bisa menciptakan para pelaku UMKM,” ujarnya.

Rohman, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM menyatakan jika saat ini masyarakat masih memerlukan konsultasi terkait koperasi dan UMKM. Akan disediakan fasilitas pelayanan mulai dari legalitas sampai dengan pemasaran. Ia menyebutkan jika akan diberikan pelayanan pembuatan PIRT secara gratis bagi 50 pelaku UMKM.

“Masyarakat yang perlu konsultasi, bisa dateng ke kita kesini. Kita bantu pembuatan NIB, PIRT, HaKi, label Halal, pendampingan hingga bagaimana cara memasarkan. Tahun sekarang kami hanya memberikan pelayanan gratis pembuatan PIRT untuk 50 pelaku UMKM saja,” tambahnya.

Proses pelayanan akan disediakan 4 orang petugas, 2 orang dari pendamping dan 2 berasal dari staff dinkop. Pelayanan akan dibuka pukul 07.45 sampai pukul 15.45. Ia mengakui jika Kabupaten Karawang memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) dan Sumber Daya Alam (SDA) yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Ia memiliki harapan agar pemikiran masyarakat dapat berubah dan tidak bergantung pada proses bekerja di perusahaan saja.

“Biasanya dalam berwirausaha yang jadi persoalan adalah modal. Kualitas itu bisa diupgrade, biasanya pembiayaan yang agak repot. Makanya kita gandeng mitra (BJB), jadi masyarakat tinggal datang saja, peluang di Karawang itu sangat besar,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...