Penyakit ISPA Paling Banyak di Derita Masyarakat

drg.Veronica Maulana, Kepala Puskesmas Wanakerta

Karawang – Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA) saat ini sedang banyak terjadi di masyarakat Kecamatan Telukjambe Barat.

drg.Veronica Maulana, Kepala Puskesmas Wanakerta menyampaikan setiap pemeriksaan secara keliling dan secara langsung masyarakat mengeluhkan menderita ISPA. ISPA yang di derita kategori ringan sampai dengan berat.

“Untuk yang datang ke puskesmas dan keliling ke desa-desa paling banyak itu ISPA, ada yang berat dan ringan. Kemudian penyakit demam. Jumlahnya ada 6.023 di tahun 2022, saya belum bisa memberikan data di tahun 2023.

Ia menambahkan untuk imunisasi influenza saat ini belum di wajibkan. Imunisasi yang masih wajib sekarang hanya untuk anak usia 0 sampai dengan 59 bulan. Selain itu ia pun menyampaikan masyarakat yang terkena penyakit ini mulai dari bayi sampai dengan lansia.

“Kita kalau imunisasi untuk influenza itu belum wajib tapi yang diwajibkan imunisasi rutin untuk anak usia 0-59 bulan. Semua usia terpapar bukan hanya anak-anak saja,” tambahnya.

Ia melanjutkan terdapat beberapa gejala penyakit itu, pertama demam, kedua batuk. Selanjutnya nyeri tenggorokan, hidung tersumbat, bersin, pilek (Coryza), Badan pegal-pegal, mata berair dan kesulitan bernafas. Meski begitu masih terdapat upaya yang dilakukan untuk pencegahan, pertama mencuci tangan sesering mungkin, kedua menutup mulut dan hidung saat batuk serta bersin, ketiga menggunakan masker hidung. Kemudian memiliki pola tidur yang cukup, mengkonsumsi air mineral agar terhindar dari dehidrasi dan tenggorokan kering dan terakhir menjauhkan diri dari asap rokok. Ia memaparkan asap rokok akan memperburuk kondisi ISPA.

“Tingkatkan daya tahan tubuh dengan banyak mengkonsumsi makanan yang banyak vitamin. Ketika menjaga daya tahan tubuhnya, jadi imunitas tubuh akan bagus,” pungkasnya.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Musrenbang Bahas Program Pembangunan Pasar di Beberapa Kecamatan Jadi Prioritas

Karawang – Pemerintah Kabupaten Karawang menggelar Musrenbang yang membahas RPJPD ...