HPN Jawa Barat 2023 Bawa Dampak Positif Bagi Ekonomi, Budaya dan Wisata Karawang

Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana

Karawang – Bupati Karawang, dr.Cellica Nurrachadiana mengaku bersyukur Kabupaten Karawang bisa menjadi tuan rumah peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat pada 2023.

Cellica menyebut, jadi tuan rumahnya pada HPN tingkat Jabar. Tentunya, berdampak positif bagi ekonomi, budaya dan wisata di Karawang.

Apalagi, dia berpesan PWI Karawang mengemas acara ini dengan memiliki tiga dampak positif.

“Ada tiga pesan, saya ingin kegiatan ini harus miliki dampak ekonomi, budaya, dan wisata,” kata Cellica di Napak Jagat Tarumanagara di Street Carnival Galuh Mas Karawang pada Sabtu (20/5/2023).

Ia menerangkan, ada sejumlah rangkaian kegiatan yang dilakukan pada HPN tingkat Jabar di Karawang.

Mulai dari kolaborasi dengan LSM Lodaya yang menghadirkan pagelaran seni dan budaya yang dihadiri peserta dan tamu se-Jawa Barat. Bahkan tiga negara yakni India, Singapura dan Korea Selatan.

“Tentu karena banyak tamu yang datang dan ada juga bazzar UMKM. Tentu ini akan berdampak pada perekonomian di Karawang,” ungkapnya.

Terakhir, kata Cellica, kegiatan ini juga harus memperkenalkan wisata Karawang. Baik wisata alam maupun wisata religi.

Rencana para tamu dari delegasi tiga negara juga akan dibawa wisata sejarah di Candi Jiwa. Lalu, teman-teman wartawan akan dibawa wisata alam ke Koffie Hideung di Puncak Sempur.

“Bekasi industri, Indramayu pertanian, daerah lain perikanan. Tapi Karawang punya semua,” katanya.

Mulai dari kawasan pertanian, laut, gunung, bangunan bersejarah hingga menjadi tempat awal kemerdekaan di Rengasdengklok.

“Kami ucapkan, selamat dan sukses. Mudah-mudahan kegiatan ini bukan simbol seremonial tapi juga semuanya, ditanamkan pada diri kita semua,” tutupnya.

Puncak perayaan Hari Pers Nasional (HPN) tingkat Jawa Barat di Karawang digelar besok Sabtu (19/5/2023) dan Minggu (20/5/2023).

Pada puncak perayaan ada sejumlah kegiatan acara.

Mulai pada Sabtu (20/5/2023) pagi hingga Minggu (21/5/2023), ada Gelar Seni Budaya Napak Jagat Tarumanagara dan Bazzar UMKM berlokasi di Street Carnival Galuh Mas Karawang.

Di dalamnya, ada arak-arakan Bedog Lubuk Karawang, Pasanggiri Jaipong Nyi Ronggeng, serta berbagai kesenian tradisional dan turut tampil menari dari tiga negara India, Singapora dan Korea Selatan. Negara negara tersebut merupakan negara anggota Federation Of Internasional Dance Festival (FIDAF).

Pada Sabtu (20/5/2023) pukul 19.00, kegiatan malam puncak HPN Jabar di Hotel Mercure Karawang.

Kegiatan malam puncak itu, akan dihadiri sejumlah pejabat dari kementerian, provinsi jawa barat, kabupaten karawang tamu undangan lainnya.

Akan ada malam penganugrahan dan penghargaan kepada sejumlah pejabat dan tokoh.

Lalu, pada Minggu (21/5/2023) ditutup juga acara City Tour ke Puncak Sempur khusus PWI. Nanti akan ada penampilan senin dan budaya dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Karawang, games dan lomba lempar pisau.

PWI Jawa Barat dan PWI Karawang berterima kasih kepada para sponsor.

Yakni, Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), Yamaha, Summarecon Bandung, Pos Indonesia, Djarum Foundation, Deta Group, Bank BJB, BJB Syariah, Migas Hulu Jabar, Star Energy, Pertamina Geothermal Energy Area Kamojang.

Kemudian, Perumdam Tirta Tarum, Galuh Mas, Rolling Hills, Summarecon Karawang, PT HM Sampoerna, PLTGU, PT. Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), Pindo Deli Pulp and Paper Mils, KPU Karawang, Bank Bjb, PLN Karawang, Pertamina Onwj, Peramina EP, Pertagas, Sanema Tour and Travel, Bogasari,  Lira Medika, PT Pupuk Kujang dan PLTGU Jawa Satu Power. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

ESQ Kemanusiaan Gandeng Indonesia CARE, Distribusikan Wakaf Qur’an Isyarat Untuk Sahabat Tuli

Faktajabar.co.id – Inovasi dalam pendidikan Al Qur’an terus dikembangkan. Termasuk ...