Andriani Akui Tercatat sebagai Atlet Kabupaten Bogor

Andriani, atlet kriket peraih medali SEA Games 2023 bersama Ketua KONI Karawang

Karawang – Andriani, atlet kriket peraih medali SEA Games 2023 disebut tak mewakili status sebagai atlet Karawang, melainkan Kabupaten Bogor.

Menjawab hal itu, Ani sapaan akrab Andriani menjelaskan bagaimana dirinya tercatat sebagai atlet Kabupaten Bogor.

Di tahun 2017, Andriani mengaku berstatus sebagai atlet Karawang ketika ikut SEA Games Malaysia dan berhasil mendapat medali perak.

Kemudian di tahun 2019, ia sempat pindah ke Kabupaten Bogor. Tujuannya untuk latihan pengembangan olahraga kriket se Jawa Barat. Namun namanya malah tercatat sebagai atlet Kabupaten Bogor.

“Saya pindah ke sana (Bogor) karena memang pengembangan olahraga cricket se-Jawa Barat, sempet tinggal di sana juga. Cuman ikut pengembangan saja, ikut latihan, tapi nama saya terdata di sana,” jelasnya usai diundang Wakil Bupati Aep Syaepuloh di Pemkab Karawang pada Senin, 22 Mei 2023 dilansir di Tvberita.

Sebagai bentuk protes dan ingin menghargai Karawang, Ani memilih untuk tidak ikut kejuaraan apapun. Termasuk di ajang pekan olahraga daerah (Porda) terakhir.

“Porda terakhir itu saya tidak main dimana-mana, karena memang saya menghargai Karawang juga. Saya pengen balik lagi kesini, tapi tidak bisa tertahan di sana jadi sulit sekali,” lanjutnya.

Hal berbeda dinyatakan Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Karawang yang menyebut Ani tak pernah tercatat sebagai atlet Karawang.

Pasalnya, PCI saja baru berdiri sejak 2017. Sedangkan Ani sudah mewakili Indonesia bertarung di SEA Games Malaysia.

“PCI kriket Karawang baru terbentuk di tahun 2017. Sedangkan setahu saya Ani sudah menjadi atlet sejak kelas 5 SD,” katanya.

Sementara itu, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Karawang, Ahmad Sayuti menyampaikan, pihaknya turut bangga atas prestasi Ani.

Ia meyakini Ani kedepannya akan menjadi atlet Karawang dan membawa nama baik Karawang.

“Sebenernya saya bangga ada orang Karawang yang berprestasi di sini, walaupun baru kali ini saya kenal. Soal kepindahan, itu hak tiap masyarakat jadi kita tidak bisa larang. Tapi saya yakin beliau jadi atlet Karawang, Pemda juga akan memperhatikan,” pungkasnya.

Ketua Umum Pengcab PCI Karawang, Rakhmat Gunadi, melalui Sekretaris Umum, Unday membenarkan Ani tidak terdaftar sebagai atlet Karawang. Bahkan, saat ini Ani tercatat sebagai atlet cricket asal Kabupaten Bogor.

“Ani mendapatkan pemanggilan mengikuti Pelatda tim cricket untuk Babak Kualifikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut oleh Pengprov Persatuan Cricket Indonesia (PCI) Jawa Barat tercatat sebagai atlet asal Kabupaten Bogor. Semua itu berdasarkan surat Pemanggilan Atlet Pelatda Tim Cricket Babak Kualifikasi PON XXI/2024 Aceh-Sumut Nomor 27/PCI-JABAR/B/04/2023 tanggal 28 April 2023,” jelas Unday.

“Kemudian, berdasarkan surat Undangan Persiapan Pelatda BK PON XXI/2024 Aceh Sumatera Utara Nomor 29/PCI-JABAR/B/05/2023 Tanggal 17 Mei 2023, Ani juga masih tercatat sebagai atlet asal Kabupaten Bogor,” pungkasnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Sosok Kartini PLN : Kiprah Dewi Setyaharini Pimpin Unit Pelaksana Transmisi Bekasi

Faktajabar.co.id – Setiap tanggal 21 April diperingati sebagai Hari Kartini. ...