Piala Soeratin Dimulai, Ajang Pencarian Bibit Sepakbola Karawang Masa Depan

Kick Off kompetisi Piala Soeratin Kabupaten Karawang 2023

Karawang – Kick Off kompetisi Piala Soeratin Kabupaten Karawang 2023, resmi di mulai. Kali ini induk federasi sepakbola Indonesia di Karawang, menggelar kompetisi tahunan bagi kelompok muda di bawah usia 17 tahun tersebut dengan mengusung tema “Era Baru PSSI Karawang”.

Dalam sambutannya, Bupati Karawang, dr Hj Cellica Nurrachadiana menjelaskan bahwa Era Baru Askab PSSI Karawang ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit muda dan unggul demi menciptakan atlet-atlet berprestasi yang membanggakan, khususnya di dunia persepakbolaan.

“Di era baru Askab PSSI Karawang sebagai mitra Pemerintah Daerah (Pemda) di Kabupaten Karawang, untuk mencari bibit-bibit berprestasi tersebut. Tentunya, dengan kami mendukung pelaksanaan kompetisi Piala Soeratin 2023 ini diharapkan tujuan itu bisa tercapai,” kata Bupati Cellica di Stadion Singaperbangsa Karawang, Sabtu 27 Mei 2023.

Adapun format dalam kompetisi Piala Soeratin Kabupaten Karawang 2023 ini, akan di bagi menjadi tiga kategori jenjang usia yang di antaranya itu ialah Piala Soeratin Karawang U13 atau Under 13 (usia pemain di bawah 13 tahun), U15 atau Under 15 (usia pemain di bawah 15 tahun), dan U17 atau Under 17 (usia pemain di bawah 17 tahun).

“Bagi klub yang berhasil keluar sebagai juara 1, 2 dan 3 di jenjang kategori U13 dengan U15, nantinya pemain-pemain di klub tersebut secara otomatis akan menjadi pemain di klub kebanggaan masyarakat Kabupaten Karawang, yaitu Persika 1951 junior,” ungkapnya.

“Sedangkan untuk para pemain yang berhasil membawa klubnya menjadi juara 1, 2 dan 3 di Piala Soeratin Karawang 2023 jenjang kategori U17, nantinya mereka berkesempatan bisa bermain untuk membela tim Persika 1951 senior yang akan berlaga di Liga 3 series-1 Jabar mendatang,” jelas dia lagi.

Lanjut Bupati Cellica menuturkan, Askab PSSI Karawang di bawah komando Asep Aang Rahmatullah, diyakininya bisa membawa suasana dan perubahan baru di eranya yang lebih baik dari sebelum-belumnya.

“Jadi tagline Era Baru PSSI Karawang ini harapannya, harus bisa menjadi wadah representasi dan juga harapan bagi anak-anak muda yang mencintai olahraga sepakbola. Sehingga mereka memiliki harapan lebih karena memang Askab PSSI Karawang yang diketuai oleh Kang Asep Aang ini, mempunyai sejumlah program-program unggulan dalam menjaring bibit muda unggulan guna mencetak atlet-atlet sepakbola berkwalitas profesional,” ujarnya.

Sementara itu masih di tempat yang sama, Ketua Askab PSSI Karawang, Asep Aang Rahmatulloh menerangkan bahwa ada empat klub Sekolah Sepak Bola (SSB) di bawah pembinaan Askab PSSI Karawang yang tidak mengirimkan perwakilannya timnya ke dalam kompetisi yang baru saja digelarnya itu. Padahal, ke empat klub SSB tersebut telah mendapatkan suntikan anggaran dari Pemkab Karawang melalui Askab PSSI Karawang berupa uang pembinaan sebesar Rp 5 juta untuk setiap klub SSB-nya.

“Karena ke empat klub SSB itu tidak mengirimkan satu tim pun sebagai perwakilannya, maka saya tegaskan bahwa kami pengurus di Askab PSSI Karawang akan langsung melakukan evaluasi terhadap ke empat klub SSB tersebut,” tegasnya.

Diketahui darinya juga, ada sebanyak 1254 pemain sepakbola yang berasal dari 57 tim yang akan berlaga di Piala Soeratin Kabupaten Karawang 2023.

“Ke-57 tim tersebut, berasal dari 43 klub atau SSB di bawah pembinaan Askab PSSI Karawang. Dan bagi tim yang juara disetiap kategori kelompok usianya, nanti akan mewakili Kabupaten Karawang untuk berlaga di kompetisi Piala Soeratin 2023 tingkat Provinsi Jawa Barat,” jelasnya.

Selain di gelar di lapang Stadion Singaperbangsa Karawang, rencananya kompetisi kelompok usia di bawah 17 tahun itu akan digelar di tiga lokasi berbeda disekitaran Kecamatan Klari yang di antaranya Lapang Sepakbola Persiko Kopo Desa Klari, Lapang Sepakbola Perseto Desa Cibalongsari, dan Lapang Sepakbola Porgin Desa Gintung Kerta, Kecamatan Klari, Karawang.

“Pelaksanaan kompetisi Piala Soeratin 2023 ini bakal berlangsung selama 1 bulan ke depan dari tanggal 29 Mei 2023 hingga 25 Juni 2023,” terangnya.(red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Punya Utang ke Pinjol? Baznas Bisa Bantu Melunasi, Baca Selengkapnya

Karawang – Dua lembaga yang ada di Indonesia yaitu Badan ...