Sekilas Info

Asik…APBD Perubahan, Ormas Karawang Dapat Kucuran Rp850 Juta

(int)

KARAWANG – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Perubahan TA 2017 Kabupaten Karawang baru saja diparipurnakan, Rabu (4/10). Beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) diketahui mendapatkan ploting anggaran minim, namun demikian ada sejumlah OPD yang ploting anggarannya dinaikan.

Salah satu OPD yang mendapat kenaikan ploting anggaran tersebut, yakni Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol). Dalam postur APBD Perubahan 2017, Pemkab Karawang mengalokasi dana bantuan hibah bagi Organisasi Masyarakat (Ormas).Tidak tanggung-tanggung alokasi anggaran yang akan diserap melalui pos dana bantuan hibah ini mencapai Rp850 juta. Angka yang lumayan fantastis.

Kepala Kantor Kesbangpol Kabupaten Karawang, H. Sujana Riswana, mengamini hal itu ketika dikonfirmasi Fakta Jabar. “Dari pengajuan alokasi anggaran perubahan untuk bantuan dana hibah ormas sebesar Rp.805.000.000 diterima. Ini sebenarnya masih minim jika melihat jumlah ormas yang mengajukan. Sebab dengan alokasi sekarang ini, dari 162 ormas hanya 39 ormas yang hanya akan mendapatkan bantuan dana hibah tersebut,” jelasnya.

Menjawab pertanyaan, Sujana menyebutkan penunjukan dana bantuan hibah untuk 39 ormas tentunya sudah disesuaikan dengan aturan berlaku. Ormas yang akan menerima bantuan hibah tentunya sudah lolos verifikasi syarat maupun badan hukum. “Yang pasti kita kucurin hanya untuk ormas-ormas yang memang jelas keberadaannya di tengah-tengah masyarakat, yaitu yang mengantongi lulus syarat dan sudah berbadan hukum,” ujarnya.

Kata Sujana, secara regulasi memang dana bantuan hibah hanya bisa dicairkan perdua tahun sekali. Artinya tidak berlaku setiap tahun. “Misal pada tahun 2015 lalu, memang dana bantuan hibah tidak dapat dicairkan lantaran bersamaan dengan adanya pesta demokrasi pemilihan Bupati dan Wakil Bupati. Sementara, di tahun ini dana bantuan hibah tersebut baru bisa direalisasikan. Namun tetap saja disesuaikan dengan kemampuan daerah, jika memang mampu untuk mencairkan maka perdua tahun sekali dana bantuan hibah tersebut dapat dilakukan,” paparnya.

Soal besaran dana bantuan hibah yang dikucurkan kepada 39 ormas, Sujana mengaku jumlah yang diberikan bervariatif. “Yang jadi catatan dana bantuan ini harus dipergunakan sebaik-baiknya sesuai dengan nota penandatanganan hibah daerah. Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) pasti harus ada dan bisa dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Dianiaya Adik Kandung Sendiri, Seorang Siswi SMA di Karawang Akhirnya Meregang Nyawa

KARAWANG – Seorang pelajar SMA berinisial KB (16) tewas usai dianiaya adik kandungnya sendiri yang ...