Sekilas Info

Benarkah Bikin e KTP di Karawang Bisa Kilat? Tapi Asal Ada “Nganunya”

KARAWANG – Meski perlu dibuktikan, namun selentingan kabar tak sedap tentang pembuatan e KTP dari Suket (surat keterangan) diduga bisa dikondisikan oleh oknum tak bertanggungjawab. Praktis kabar miring ini pun langsung mendapat reaksi keras dari Bupati Karawang Cellica Nurachadiana.

Jika ditilik-tilik, memang rasanya tidak mungkin ada celah dalam membuat e KTP dari Suket secara kilat melalui tangan-tangan oknum tak bertanggungjawab. Sebab, pihak Disdukcatpil Karawang sudah membuat aturan main yang ketat soal pembuatan e KTP daru hulu ke hilir. Namun dari pengakuan warga masyarakat yang menyebutkan kepada Fakta Jabar, menyebutkan, seperti di Perumahan CKM dan Karawang Baru Kecamatan Klari, bahwa kabar tak sedap ini sudah menjadi rahasia umum.

“Benar pak, di perum saya bisa jadi seminggu asal ada Rp300 ribu. Nanti dikerjain. Waktu itu saya juga mau buat untuk keperluan bikin BPJS,” kata seorang warga CKM tanpa menyebut pihak siapayang meminta dan mengurus pembuatan e KTP kilat tersebut. Nara sumber ini menolak disebutkan namanya saat bertandang ke kantor redaksi Fakta Jabar.

Baca Juga: Harap Bersabar! 133.975 Ribu Warga Karawang yang Belum Punya e KTP Sedang Diuji

Senada diutarakan warga Karawang Baru yang juga berkunjung ke kantor redaksi Fakta Jabar. Kata dia, ditempatnya malah dugaan pembuatan e KTP kilat ini dibandrol dengan harga Rp 400 ribu. Ditempatnya, lanjut pria berkulit hitam manis ini, kebanyakan oknum yang mengurusi pembuatan e KTP kilat ini untuk keperluan melamar pekerjaan. “Sini pak, ke saya aja. Kalau ada “Nganunya” bikin e KTP mah gampang,” selorohnya, masih menolak disebutkan nama.

Fakta Jabar yang mencoba mengkonfirmasi laporan ini ke Bupati Karawang Cellica Nurachadiana mendapatkan jawaban tegas. “Kalau ada jajaran saya yang tidak cakap, silahkan langsung tegur, laporkan pada kami,” tandas Bupati Cellica. (dds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Razia Toko Jamu, Polisi Amankan Ratusan Botol Miras dan Oplosan

KARAWANG-Gelar operasi cipta kondisi, sejumlah toko jamu yang disinyalir menjual minuman keras dirazia petugas gabungan ...