Sekilas Info

Cuaca Kian Dingin di Karawang, Benarkah di Jabar Bakal Terjadi Aphelion?

KARAWANG – Beberapa waktu terakhir banyak masyarakat bertanya-tanya terkait cuaca dingin yang melanda Karawang, bahkan hampir seluruh wilayah Jawa Barat. Banyak yang menduga hal ini dikarenakan bumi sedang berada di titik Aphelion.

Lantas apa itu Aphelion? Dalam bidang astronomi, Aphelion, berarti kondisi jarak terjauh yang dicapai bumi dalam orbitnya saat mengelilingi Matahari. Sedangkan, kebalikannya adalah perihelion, yaitu jarak terdekat Bumi dengan Matahari.

Ya, orbit Bumi itu tidak bulat sempurna, tapi berbentuk elips. Maka dari itu, akan ada waktunya Bumi berada di titik terjauhnya dan juga di titik terdekatnya dengan Matahari. Bahkan beredar rumor. titik Aphelion tahun ini akan terjadi 6 Juli 2018 pukul 23.48 WIB.

Menyikapi hal ini, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Kelas 1 Bandung menyampaikan, kondisi dingin ini lebih dipengaruhi oleh musim dingin di Australia.

Di samping ada pula triger berupa gangguan badai Maria di perairan sebelah timur laut Filipina yang menyebabkan cepatnya sampai kondisi dingin dari Australia, ke wilayah Jabar khususnya,” ungkap Prakirawan BMKG Stasiun Kelas 1 Bandung, Muhamad Iid Mujtahiddin, Jumat (6/7).

Iid menjelaskan, puncak musim dingin di Australia ini bakal berkisar antara bulan Juli, Agustus, sampai September. Sementara terkait Aphelion, dia menyebut, pada tahun 2017 lalu terjadi pada 4 Juli 2017. Namun, dengan kondisi Bumi jauh dari Matahari, kondisi saat itu tidak pada suhu terminimum. Lantaran, suhu minimum di Juli 2017 terjadi pada 26 Juli sebesar 16,6 derajat celcius.

“Jadi suhu dingin ini hal yang wajar dan setiap tahun pasti akan terulang. terutama bagi wilayah yang berada di zona musim yang dipengaruhi oleh angin musim, terutama selama periode musim kemarau yang angin musimnya dari timur/tenggara atau angin pasat tenggara, yang membawa massa udara dingin kering dari daratan Australia,” ujarnya.(red/net)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Mulai 2019 Pemerintah Keluarkan Program Dana Kelurahan

FAKTAJABAR.CO.ID – Mulai tahun 2019, pemerintah tidak hanya menggelontorkan dana desa. Pemerintah juga akan mengeluarkan ...