Sekilas Info

Daihatsu Gunakan Teknologi Toyota untuk Mobil Listrik

MELALUI Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, aturan terkait mobil listrik disebut akan rampung pada akhir bulan ini. Katanya, pihak Kementerian Keuangan sudah setuju soal apa yang diusulkan Kementerian Perindustrian yakni perihal pajak mobil ramah lingkungan dan pajak sedan.

Ditemui beberapa wartawan, Amelia Tjandra, Marketing Director PT Astra Daihatsu Motor mengungkapkan bahwa pihaknya pasti akan merespons positif. Namun ia tidak akan buat teknologi hibrida atau mobil listrik baru, melainkan mengambil dari Toyota.

“Tunggu saja. Pada dasarnya semua peraturan yang dikeluarkan oleh pemerintah akan kita respons positif. Sekarang kan belum keluar, jadi tidak bisa bicara modelnya bagaimana. Kalau government ke arah sana pasti kita ikutin kok,” tuturnya di kawasan BSD, Tangerang, kemarin.

“Kita grup Toyota, nah Toyota itu sudah banyak mobil seperti itu. Kita tinggal ikut, pakai teknologi Toyota. Tidak perlu buat baru,” tambah Amelia.

Hal itu karena memang sudah ada perjanjian atas kolaborasinya. Maka, meski Daihatsu belum memiliki teknologi mobil rendah emisi sendiri, dirinya tidak khawatir bakal kesalip oleh kompetitor.
“Kan dari kerja sama kita gitu, Daihatsu akan digunakan untuk membuat mobil compact sedangkan kami akan pakai teknologi Toyota. Jadi tidak usah buat baru, pakai saja yang sudah ada. Kita ikut sama mereka (dalam hal mobil hibrida ataupun listrik),” tambah Amelia.

Selain itu, payung hukum untuk Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) mobil jenis sedan juga akan meluncur di waktu yang bersamaan. Menperin menyebut aturan itu keluar bulan ini. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Ini Loh… Peluang Usaha Rumahan Modal Kecil Namun Menjanjikan

JANGAN terjebak dalam anggapan bahwa sebuah bisnis hanya bisa berjalan ketika diawali modal yang besar. ...