Sekilas Info

Jangan Sepelekan Bunyi di Rem Mobil

Rem mobil sedang dibersikan

Otomotif – Beberapa pengemudi mobil pasti pernah mengalami bunyi berdecit saat melakukan pengereman. Bunyi biasanya muncul dan mengganggu pendengaran pengemudi, karena frekuensi suara yang dihasilkan cukup tinggi.

Meski banyak yang mengacuhkannya, namun bunyi berdecit adalah penanda bahwa ada masalah pada sistem pengereman. Jika dibiarkan berlarut-larut, dapat mengganggu fungsi rem secara optimal.

Rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran, seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan teromol.

Tumpukan kerak kotoran ini muncul jika pemilik jarang membawa mobil ke bengkel untuk diservis.

Efek rem berdecit bukan cuma bikin kampas dan cakram cepat tipis. Namun, ada hal lain yang lebih berbahaya.

Bunyi aneh yang masuk hingga kabin mobil, ternyata tidak cuma membuat kuping pengendara jadi nggak  nyaman. Jika dibiarkan berlarut-larut yang pasti dapat mengganggu fungsi rem secara optimal.

Rem mendecit biasanya disebabkan adanya tumpukan kerak kotoran seperti debu, residu oli atau gemuk di cakram dan tromol. Hal itu lantaran banyak dari pemilik mobil enggan melakukan perawatan, meskipun sudah tahu kalau kondisi rem sedang tidak prima.

Padahal efek rem mendecit bukan cuma bikin kampas dan cakram cepat tipis. Tapi juga bisa bikin komponen di sekitar rem cakram melenting akibat suhu panas yang berlebihan lantaran adanya gesekan antar komponen.

Mengatasi atau menghilangkan decit pada rem mobil tidaklah sulit. Karena hanya butuh membersihkan cakram, tromol dan komponen lainnya yang ada di seputar roda mobil. Bahkan peralatan yang dibutuhkan juga terbilang sederhana diantaranya kunci roda, dongkrak, lap (kain bersih), kuas halus, cairan khusus pembersih rem atau kompresor jika tersedia.

Jika semua sudah siap, hanya ada 2 komponen yang harus Sahabat Daihatsu bersihkan untuk atasi rem berdecit yaitu cakram dan tromol. Pada bagian cakram, langkah awal membersihkannya adalah dengan melapas ban dengan kunci roda. Tapi biar aman, bodi mobil didongkrak dan bagian roda lainnya di ganjal.

Jika cakram sudah terlihat, lanjut semrotkan cairan pembersih rem mobil hingga merata. Jarak penyemrotan antara cakram dan brake cleaner sekitar 10-15 cm, dan semprotkan hingga merata agar piringan cakram benar-benar basah dan sudah merontokan kerak yang ada.

Lap dengan kain bersih yang sudah disiapkan, sekaligus membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada cakram rem tersebut. Tidak lupa lakukan penyemprotan sekali lagi hingga kotoran benar-benar besih.

Berikutnya adalah membersihkan teromol rem. Caranya hampir sama, hanya saja Sahabat Daihatsu harus melepas tromol dari rumahnya. Cara lepas teromol diketok menggunakan palu secara hati-hati atau perlahan untuk mempermudah. Setelah terlepas, tromol berdebu bersihkan dengan kompresor jika ada. Atau gunakan kuas halus yang sudah disiapkan

Jika debu sudah bersih, lakukan penyemprotan dengan brake cleaner agar hasilnya maksimal. Baru deh cakram, teromol dan roda bisa dipasang kembali. (viva)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Begini Plus-Minus kalau Pakai Turbocharger

Belakangan ini teknologi mesin dengan kombinasi turbocharger menjadi tren yang ...