Sekilas Info

Kecamatan Karawang Barat Urutan Pertama Jumlah Pengidap HIV/Aids

ilustrasi

KARAWANG-Wilayah Kecamatan Karawang Barat memiliki jumlah penderita HIV/AIDS (Human Immunodeficiency Virus/ Acquired immune deficiency syndrome) tertinggi disbanding Kecamatan lainnya yang ada di Kabupaten Karawang. Berdasarkan data yang dimiliki Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kabupaten Karawang, hingga September 2017, di Kecamatan Karawang Barat jumlah penderita HIV/AIDS mencapai 133 orang. Sementara wilayah dengan penderita HIV/AIDS terbanyak kedua ditempati Kecamatan Karawang Timur dengan jumlah penderita sebanyak 74 orang.

Sekretaris KPA Kabupaten Karawang melalui Staf KPA, Yana Aryana mengatakan, jumlah penderita tersebut diperoleh dari laporan pihak rumah sakit dan puskesmas yang telah mendeteksi dan menangani para penderita.

“Jumlah penderitanya lebih tinggi diwilayah perkotaan dari pada di daerah pedesaan. Data tersebut sejak tahun 1992 hingga 2017,” kata Yana saat dihubungi Fakta Jabar, Rabu (25/10).

Yana mengaku belum dapat mendeteksi penyebab tingginya jumlah penderita di wilayah Kecamatan Karawang Barat. Namun, berdasar data yang dihimpunnya, para penderita mayoritas berusia produktif, yakni antara usia 20 hingga 40 tahun.

“Kalau penularannya bisa melalui hubungan seks bebas dan bisa juga melalui jarum suntik. Salah satu penularannya ya melalui sana,” katanya.

Mengetahui tingginya jumlah penderita virus yang membunuh sistem kekebalan tubuh tersebut, pihaknya mengaku merasa miris. Pasalnya, jumlah tersebut melebihi rata-rata jumlah penderita di wilayah lainnya.

“Jumlah penderita se-Karawang sendiri dari tahun 1992 hingga September 2017 mencapai 807. Data tersebut sudah mengalami kenaikan 136 orang dari tahun 2016 lalu yang mencapai 671,” katanya.

Untuk itu, pihaknya menegaskan, akan semakin menggencarkan kampanye dan sosialisasi kepada masyarakat untuk mengantisipasi penyebaran virus tersebut.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Tempatkan Personil Dijalur Arteri Karawang Guna Antisipasi Kemacetan Arus Balik

KARAWANG-Antisipasi kepadatan kendaraan arus balik di jalur arteri Karawang (Cikampek-Klari) pada puncak arus balik yang ...