Sekilas Info

“Mengusir Hantu Pengeruk Alam Karawang”

Bupati: Dua Minggu Ini Atlasindo Selesai

KARAWANG – Eksploitasi dan eksplorasi alam Karawang Selatan oleh PT Atlasindo pada objek Gunung Sirnalanggeng Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat, dipastikan selesai. Bupati Karawang Cellica Nurachadiana memastikan hal itu dalam rapat audensi bersama elemen masyarakat pecinta lingk”ungan Karawang, Selasa (7/8/2017) di ruang rapat bupati.

Audensi dihadiri ESDM Provinsi Jawa Barat, Satpol PP Jawa Barat, dan Muspida Pemkab Karawang yang menghasilkan keputusan menutup usaha PT Atlasindo didasari dugaan pelanggaran aturan daerah dan undang-undang lingkungan. “Kami minta waktu dua minggu, tapi hari ini kita hentikan produksi atlasindo. Mereka (PT Atlasindo,red) belum memiliki IMB (ijin mendirikan bangunan), termasuk mengabaikan 61 urusan wajib selama 12 tahun. Dan, kami pastikan ” tegas Cellica dihadapan massa audiens.

Pernyataan Cellica diperkuat dengan dasar lokasi Karawang Selatan tidak diperuntukan untuk kegiatan pertambangan. “Disitu (Karawang Selatan,red), sesuai tata ruang wilayah bukan untuk dijadikan lokasi kegiatan tambang. Jadi jelas. Bukan cuma masyarakat yang menolak, kami dari pemkab pun sangat menolak kegiatan tambang disana, apalagi sampai hari ini upaya PT Atlasindo untuk dievaluasi oleh pemkab sangat tertutup. Baru sekarang-sekarang saja setelah ada aksi massa mereka melampirkan secarik ertas terkait kegiatan usahanya disana. Namun apapun itu, kami pastikan bukan atlasindo saja, perusahaan lain yang tidak patuh aturan jelas akan kami tutup. Berlaku untuk semua perusahaan,” beber Cellica.

Perwakilan ESDM Provinsi Jawa Barat, Fadil, menyanggupi apa yang dituntut Cellica agar aktifitas pertambangan PT Atlasindo ditutup dalam waktu dua minggu sejak hari ini. “Kami tidak mau bunuh diri setelah mendengar aspirasi langsung dari warga Karawang hari ini. Tidak perlu empat bulan, kami setuju peroses penutupan PT Atlsindo dilangsungkan dalam waktu dua minggu dari hari ini,” ujarnya, dihadapan massa audiens.

Berikut cuplikan video Bupati Karawang Cellica Nurachadiana mengamini penutupan PT Atlsindo di kantor Pemkab Karawang. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Abah Icam Pimpinan Gibas Cinta Damai Berpulang ke Rahmatulloh

KARAWANG – Abah Icam, Pimpinan Gibas Cinta Damai Karawang tutup usia diusia 72 tahun. Abah ...