Sekilas Info

Padi Tak Maksimal, Sayuran Jadi Alternatif

dok

KARAWANG – Hasil panen padi yang kurang baik membuat Petani Karawang mulai banyak yang beralih bercocok tanam dari yang semula menanam padi sekarang beralih tanam ke sayuran Brocoli, Timun, kacang panjang dan palawija.

Pendiri Forum Petani Karawang Timur (FPKT) Sunarya mengatakan, petani beralih tanam padi ke sayuran itu disebabkan oleh hasil panen padi yang dirasa kurang maksimal yang diakibatkan oleh banyaknya hama wereng, virus akar dan penyakit yang orang karawang bilang adalah penyakit zonk.

“Setiap panen selalu fuso, pendapatan tonase gabahnya tidak sesuai. Para petani selalu kelingkungan setelah beritung biaya pengolahan dan obat serta pupuk yang hasilnya selalu tekor,” ujarnya.

Selain itu, Sunarya yang akrab disapa kidung karawang juga mengatakan, selain oleh hama, buruknya hasil panen padi juga diakibatkan oleh adanya unsur PH tanah yang sudah menurun akibat terkontaminasi limbah cair dari industri.

“Peralihan jenis tanam ini dinilai lebih menguntungkan dan lebih efisien ketimbang tanam padi yang harus membutuhkan modal besar. Dan perbandingan panenpun bisa dua kali bila di bandingakan dengan padi, melihat waktu tanam yang lebih singkat,” papar Sunarya.

Diketahui, Wilayah yang mulai banyak terlihat melakukan peralihan tanam padi ke palawija tersebut, terdapat di wilayah kecamatan Tirtamulya, Lemah abang wadas, kampung selang dan sembang kecamatan klari.

Sunarya berharap. Para petani mendapat perhatian yang serius dari pihak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang. Karna menurutnya, ini semata-mata untuk menjaga ketahanan pangan di karawang. Dan menjaga nama karawang dengan tetap menjadi kota lumbung padi.

“Sudah banyak lahan pesawahan yang mulai terkikis oleh perumahan dan pabrik,” tandasnya.(dpn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Waspada!! Banjir Mulai Kepung Karawang

KARAWANG – Hujan lebat yang sering mengguyur Kota Karawang dan sekitarnya sepekan terakhir membuat sejumlah ...