Sekilas Info

Perum Bulog Sub Drive Karawang Gelar Operasi Pasar

KARAWANG – Guna menstabilkan harga bahan pokok, Perum Bulog Sub Drive Karawang bersama Pemerintah Kabupaten Karawang, Pemerintah Kabupaten Bekasi dan Pemerintah Kota Bekasi, mengelar Operasi Pasar Cadangan Beras Pemerintah (CBP). Operasi pasar tersebut bertujuan untuk mengendalikan inflasi bahan pokok, terutama harga beras. Operasi pasar itu tentunya akan dilakukan di tiga wilayah seperti Kabupaten Karawang, Kota dan Kabupaten Bekasi, dengan penyaluran beras kualitas medium.

Kepala Bulog Sub Drive Karawang, Muhammad Syaukani mengatakan, Operasi Pasar ini mematok Harga Eceran Tertinggi (HET) beras medium dengan nilai Rp. 8.100 per kilogram. Operasi pasar itu sendiri menggunakan cadangan beras pemerintah (CBP) dari Perum Bulog. “Untuk stoknya tidak terbatas, berapa pun kebutuhannya akan kami penuhi. Karena operasi pasar ini untuk menstabilkan harga beras di pasar,” ujarnya kepada Fakta Jabar (15/11).

Syaukani menambahkan, operasi pasar tersebut dimulai pada hari rabu (15/11) di Kabupaten Karawang dan selanjutnya akan diikuti oleh Kabupaten dan Kota Bekasi. Rencananya, operasi pasar ini akan berlangsung hingga akhir tahun 2017 mendatang. Penyaluran beras medium nantinya akan disalurkan oleh satgas pangan, rumah pangan kita (RPK) dan tokoh tani. “Selama operasi pasar, kami juga berkoordinasi dengan instansi terkait untuk bersama melakukan pengawasan. Seperti, Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, BPS, Bagian Ekonomi Pemda, serta Satgas Pangan,” jelasnya.

Masih Syaukani menambahkan, dengan digelarnya operasi pasar tersebut pihaknya tidak akan mengganggu pedagang dipasar, karena bertujuan menstabilkan harga beras di pasar sehingga harga beras tidak bertambah tinggi. Selain itu, pihaknya hanya menyalurkan beras dengan kualitas medium sedangkan pedagang di pasar menjual beras dengan kualitas premium. “Pasar di Kabupaten Karawang yang rencananya akan akan digelar operasi pasar itu diantaranya, pasar johar, pasar cikampek dan pasar karawang baru,” pungkasnya. (lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*