Sekilas Info

PT Triguna Pratama Abadi Didemo, Ratusan Warga Gintungkerta Tuntut Pabrik Segera Angkat Kaki, Ada Apa Ya?

KARAWANG- Ratusan warga Desa Gintungkerta Kecamatan Klari berunjuk rasa di depan PT Triguna Pratama Abadi, Minggu (27/5).

Aksi unjuk rasa tersebut sebagai wujud protes warga yang sudah tidak tahan dengan bau menyengat yang dirasa menganggu kesehatan warga di sekitar kawasan pabrik.

Junaedi perwakilan warga sekitar mengungkapkan rasa kekesalan terhadap PT Triguna Pratama Abadi. Pasalnya, warga harus merasakan bau menyengat yang tak sedap dihirup setiap harinya. Alhasil sebagian warga yang tak kuat dengan bau tersebut, terpaksa harus menggunakan masker dalam menjalani aktivitas kesehariannya.

“Tuntutan kita hanya satu, PT Triguna Pratama Abadi harus pindah. Karena kami sudah capek dengan kondisi yang setiap harus harus menghirup udara yang tak sehat,” pungkasnya.

Kades Gintungkerta, Lili Ahmad Sopyan mengatakan tuntutan warga bukan tanpa dasar, karena sudah beberapa kali warga mengalami gangguan kesehatan akibat pengelolaan limbah dari PT Triguna Pratama Abadi.

“Sangat bau dan menyengat pengelolaan limbah dari PT Triguna Pratama Abadi, warga sekitar merasakan dampaknya itu,” paparnya.

Diungkapkannya, warga meminta Bupati Karawang, Cellica Nurachadiana untuk memindahkan pabrik PT Triguna Pratama Abadi pindah dari desanya. Jika tidak pelayanan desa Gintungkerta akan berpindah tempat ke Dusun Cibalado sebagai bentuk protes karena Bupati Karawang tidak peduli terhadap pencemaran lingkungan.

“PT Triguna Pratama Abadi awalnya berproduksi bambu dan sumpit tapi diakuisi berganti produksi pengelolaan limbah B3. Kita kasih waktu satu minggu ke Bupati Karawang, Cellica untuk merespon terhadap tuntutan warga Gintungkerta untuk memindahkan pabrik ke tempat lain. Jika tidak kantor desa Gintungkerta pindah tempat, kalau Bupati tidak bisa bertindak apalagi sekelas desa,” pungkasnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Polisi Tempatkan Personil Dijalur Arteri Karawang Guna Antisipasi Kemacetan Arus Balik

KARAWANG-Antisipasi kepadatan kendaraan arus balik di jalur arteri Karawang (Cikampek-Klari) pada puncak arus balik yang ...