Semarak Perayaan Hari Jadi ke-385 Karawang: Perpaduan Seni, Tradisi, Pengembangan Potensi Ekonomi Masyarakat Lokal

KARAWANG – Menjelang hari jadinya yang ke-385 pada tanggal 14 September 2018, Kabupaten Karawang tak lagi menjadi daerah yang hanya bertumpu pada keunggulan sektor pertanian saja. Kini, Karawang telah menjelma menjadi sebuah “Kota Industri” serta memiliki potensi menjadi kawasan industri terluas di Indonesia, bahkan di Asia Tenggara. Dalam rangkaian peringatan hari jadi tahun ini, Pemerintah Kabupaten Karawang beserta masyarakat menampilkan beragam kesenian asli Karawang untuk meneguhkan identitas budayanya di tengah perkembangan jaman.

Di antara beragam acara yang diselenggarakan, terdapat Festival Goyang Karawang dan Pawai Budaya Karawang. Festival ini rencananya akan dipromosikan secara nasional karena mengobarkan semangat kemajuan dan kemandirian Karawang yang dikenal sebagai Kota Pangkal Perjuangan.

Selain itu, pada acara puncak perayaan HUT Kabupaten Karawang pada tanggal 27 hingga 30 September, Fakta Jabar, selaku inisiator, bekerja sama dengan Pemerintah Daerah, akan menggelar Karawang Creative Night (KCN). Acara ini bertujuan untuk mempromosikan budaya tradisional Karawang dan potensi ekonomi warga melalui gelar produk UMKM. Tak hanya itu, panitia juga mengadakan aktivitas-aktivitas sosial bagi masyarakat yang kurang mampu.

KCN sebagai puncak rangkaian kegiatan HUT Kabupaten Karawang juga menonjolkan kolaborasi antara Pemerintah Kabupaten dan berbagai perusahaan yang ada di Karawang, termasuk di antaranya PT. HM Sampoerna Tbk. (“Sampoerna”) yang konsisten menjadi mitra Pemerintah Daerah untuk pengembangan potensi ekonomi lokal. Selaku warga usaha yang baik, Sampoerna melalui payung program “Sampoerna Untuk Indonesia (SUI)” turut berkolaborasi memajukan kehidupan sosial dan ekonomi di wilayah Kabupaten Karawang.

Head Stakeholders, Regional Relations and CSR Sampoerna, Ervin Pakpahan mengatakan: “Dalam menjalankan bisnis, Sampoerna berkomitmen untuk mengoptimalkan perannya agar berdampak nyata bagi kesejahteraan masyarakat luas. Sampoerna senantiasa berkoordinasi dengan pemangku kepentingan setempat untuk mengerahkan segenap potensi lokal dalam memberikan dampak berkelanjutan, termasuk di Karawang, melaui peningkatan perekonomian masyarakat dan pemberdayaan perempuan.” ujarnya kepada Fakta Jabar, Rabu (12/9).

Dukungan SUI pada pagelaran KCN dalam mengembangkan potensi ekonomi lokal juga selaras dengan semangat perusahaan yang juga merayakan hari jadinya ke-105. Sampoerna pun turut berkomitmen meningkatkan kapasitas UMKM selaku tulang punggung kemajuan ekonomi bangsa Indonesia.

Menyongsong kegiatan tersebut, Bupati Karawang, turut menyampaikan apresiasi atas partisipasi Sampoerna dengan ketekunannya dalam meningkatkan daya saing UMKM Karawang serta membangun kerjasama yang positif dengan berbagai pihak. (rls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengrajin Seruling Bambu Di Sudut Kota Lumbung Padi

KARAWANG – Berlokasi di seberang kantor Desa Sukaharja, Kecamatan Telukjambe Timur, Eman Geje, sapaan warga ...