Sekilas Info

Timnas Indonesia U-19 Hajar Brunei Darussalam 5-0

int

TIMNAS Indonesia U-19 memulai langkahnya pada laga kualifikasi Piala Asia U-19 dengan sempurna. Timnas U-19 menaklukkan Brunei Darussalam 5-0 pada laga perdana Grup F di Stadion Paju, Korea Selatan, Selasa (31/10).

Seperti telah diperkirakan sebelumnya, Egy Maulana Vikri dkk mendominasi laga sejak awal. Bermodal kecepatan, skill individu di atas lawan, dan kerja sama apik, timnas U-19 mendikte lawan.

Muhammad Rafli Mursalim membuka skor pada menit ke-12. Menerima crossing Firza Andhika, Rafli menanduk bola menjebol gawang Brunei.

Unggul satu gol membuat timnas U-19 terus menggempur pertahanan Brunei. Rafli, Egy, M Iqbal, dan Witan Sulaiman bergantian mendapatkan peluang. Namun belum ada tambahan gol.

Barulah pada menit ke-43, Indonesia menambah skor. Berawal dari tendangan sudut yang diambil Iqbal, bola melambung disambut oleh Asnawi Mangkualam. Ia mengarahkan si kulit bundar ke gawang dan mengarah ke Haris. Sang gelandang justru menanduk bola masuk ke gawang sendiri. Skor 2-0 menutup babak pertama.

Memasuki babak kedua, pelatih Indra Sjafri memasukkan Syahrian Abimanyu menggantikan Asnawi, dan Saddil Ramdhani menggantikan Witan. Masuknya Abi dan Saddil menambah tekanan dari timnas U-19 ke Brunei. Permainan tim Garuda Muda semakin hidup.

Enam menit babak kedua berjalan, timnas U-19 menambah gol lewat tendangan cungkil Iqbal. Skor kembali berubah pada menit ke-56 setelah penetrasi Egy diakhiri dengan penyelesaian sempurna.

Brunei makin menderita setelah Saddil mencatatkan namanya di papan skor. Sepakan jarak jauhnya berhasil menggetarkan gawang Brunei.

Walau telah unggul 5-0, para pemain timnas U-19 tetap bersemangat menambah keunggulan. Serangan demi serangan dibangun dari sisi kiri dan tengah terus membombardir pertahanan Brunei. Lawan hanya bisa menumpuk pemain dan menyapu setiap bola tanpa memikirkan menyerang pertahanan Indonesia.

Menit ke-71, Indra memasukkan Samuel Christianson menggantikan Firza Andika. Samuel langsung memberikan pengaruh ke pertandingan dengan pasokan bola-bola matangnya. Tapi tak ada yang bisa dimaksimalkan oleh Egy.

Setelah lini depan timnas U-19 melewatkan sejumlah peluang, Egy kemudian menjebol gawang Brunei pada injury time laga. Sayang, Egy sudah dalam posisi offside sehingga gol ini dianulir. Skor akhir tak berubah 5-0 untuk timnas Indonesia.

Dari sisi hasil akhir, timnas U-19 mengalami penurunan. Sebab bulan lalu Garuda Muda mengalahkan Brunei 8-0 pada laga Piala AFF U-18. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

11 Pemain Top World 11 FIFA Tahun Ini

Gianluigi Buffon, Neymar dan Leonardo Bonucci menjadi muka-muka baru dalam FIFPro World 11 tahun ini, ...