SHS dan Inkopad Komitmen Jaga Kedaulatan Pangan

SUBANG – Dalam rangka Kedaulatan Pangan, pada tahun 2018, Pejabat PT Sang Hyang Seri (SHS) dan Induk Koperasi Kartika TNI Angkatan Darat (Inkopad) gelar sosialisasi kepada para petaninya, di Wisma PT SHS Sukamandi-Ciasem, Kabupaten Subang, Kamis, 13 Februari 2020.

Dalam acara itu, Direktur Opersional (DirOp) dan Direktur Keuangan (DirKeu) PT SHS, puluhan petani binaan PT SHS Sukamandi dan Pengurus Inkopad, nampak hadir dalam rapat sosialisasi tersebut, membahas situasi dan kondisi pertanian PT SHS Sukamandi-Subang di area sawah seluas 3.160 hektar yang akan dikerjasamakan tersebut.

Pada intinya, usai memimpin rapat sosialisasi itu, DirOp PT SHS, Rahmat Hidayat memaparkan, “Bahwa dalam rangka ikut serta mensukseskan program pemerintah kedaulatan pangan, maka PT SHS akan meningkatkan produktivitas dan kuwalitas benih padi yang akan disalurkan melalui Kementrian Pertanian untuk bantuan benih kepada petani di daerah. Sehunungan dengan hal tersebut PT SHS bekerjasama dengan Inkopad terutama dalam hal permodalan dan pengamanan untuk mendapatkan calon benih yang dihasilkan oleh para Petani binaan PT SHS.”

Dalam hal jenis varietas benih yang akan ditanam, ia mengatakan, “varietasnya pasti ditentukan, koordinasi dengan kementerian pertanian, varietas apa saja yang kebutuhan di daerah-daerah, itu yang akan kami tanam untuk memenuhi kebutuhan petani,” jelasnya.

Rahmat Hidayat berharap, “Dalam kerjasama ini, saya berharap kedepan dapat meningkatkan produktifitas dan kualitas mutu GKP calon benih dengan daya tumbuh yang sekarang 80%, kita akan coba tingkatkan menjadi 90%, sehingga kita mempunyai benih premium,” pungkasnya.

Bagian Hukum Inkopad, Mayor Simpayung menambahkan, “Kerjasama ini akan dilakukan, karena ada kesulitan dari PT SHS dalam bidang finansial pembelian gabah petani. Maka, kita coba mendukung itu, agar SHS bisa beli gabah petani dan menyalurkannya ke Kementan,” ungkapnya.

Sementara itu, Aktivis Petani, Santoso Hamzah yang juga turut hadir dalam rapat sosialisasi MoU tersebut mengatakan, “Saya menyambut baik kerja sama antara PT SHS dan Inkopad, asal yang menjadi catatan pentingnya, adalah pertama, adanya kepastian pembayaran GKP (Gabah Kering Petani) pasca panen, kedua, ada selisih harga terkait harga GKP calon benih dengan benih konsumsi, agar memenuhi rasa keadilan ekonomi, itu yang harus menjadi dasar kuat kerja samanya, terkait perawatan padi, petani sudah punya cara sendiri,” terangnya.(mgn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Viral ! Isak Tangis Istri Gubernur Pecah

Faktajabar.co.id – Unggahan video istri Gubernur Jawa Barat, Atalia menjadi ...