Studi: Omelan Istri Bikin Suami Lebih Sehat, Bagaimana Bisa?

FAKTAJABAR.CO.ID – Siapa yang tak ingin keluarganya jauh dari perdebatan? Semua tentu menginginkan hal tersebut, meskipun banyak faktor yang dapat menyebabkan terjadinya perdebatan panjang.

Terutama omelan istri yang sering kali muncul secara tiba-tiba dan sangat mengganggu suami. 

Eits, tapi jangan suami pikir omelan istri hanya sebagai celetukan yang keluar tiba-tiba. Lebih dari itu, ternyata omelan seorang istri juga dapat menjanjikan manfaat kesehatan tertentu.

Omelan istri bisa jadi penangkal penyakit

Para istri jangan bersedih bila suamimu menanggapi omelanmu dengan setengah hati. Bahkan sebagian besar dari mereka benci dan malas mendengarkan celotehanmu.

Padahal tanpa mereka sadari, omelanmu ialah salah satu cara efektif untuk menangkal penyakitnya. 

Dilansir dari laman healthline menyatakan bahwa laki-laki yang tidak bahagia dengan kehidupan perkawinannya ternyata lebih sehat dibandingkan dengan mereka yang bahagia. Perkawinan “tidak bahagia” di sana merujuk pada pasangan yang memliki seorang istri yang sering mengomel.

Hal lainnya terkait dengan penyakit diabetes yang merupakan penyakit yang berbahaya.

Suatu studi dilansir dari healtline mengungkapkan bahwa dari 1.228 orang yang berusia 57-85 tahun, 389 diantaranya mengidap penyakit diabetes.

Namun menurut seorang profesor sosiologi di Universitas Negeri Michigan mengungkapkan bahwa lelaki dengan  kehidupan pernikahan yang tidak bahagia malah punya resiko yang lebih rendah untuk terkena diabetes. Dan kemungkinan lebih tinggi untuk sembuh jika mereka sungguh-sugguh menjalaninya.

Istri yang mengomel adalah istri yang peduli

Tak sedikit suami yang menganggap omelan istrinya sebagai sebuah bentuk perilaku negatif. Mereka merasa seorang istri tidak perlu mengomentari setiap sudut dari hidup mereka.

Padahal tanpa mereka sadari omelan tersebut adalah bentuk perhatian dan rasa sayang seorang istri.

Seorang istri yang mengomel sebenarnya sedang memperingati suaminya untuk hidup lebih sehat, makan sayur dan buah, tidak terlambat untuk bekerja, lebih sering berolahraga, dan lainnya.

Perilaku monitor istri yang rutin tersebut dikatakan dapat membantu sang suami untuk lebih perhatian terhadap dirinya sendiri dan menjauhkan diri dari penyakit.

Maka bersyukurlah bila istri di rumah  sering mengomel, itu sebuah pertanda kalau ia memerhatikan pola hidup suaminya dan tidak ingin kamu jatuh sakit.

Omelan sebagai penjaga kesehatan keluarga

Faktanya, omelan seorang istri tidak hanya jatuh kepada suaminya, mungkin saja kepada anak-anaknya maupun kepada anggota keluarga lainnya.

Contohnya seperti omelan yang muncul jika anaknya buat tumah berantakan, jajan sembarangan dan hal lainnya yang menganggu kesehatan anaknya.

Secara tidak langsung, seorang istri bukan saja hanya mengawasi kesehatan suaminya, tetapi seluruh bagian keluarga. Ternyata dari omelan yang kerap kali dianggap sepele, dapat menentukan kesehatan banyak orang.

Pengendalian emosi harus tetap diperhatikan

Meskipun omelan istri dapat membuat suami dan keluarganya menjadi lebih sehat, hal ini tidak berarti seorang istri dapat memarahi suaminya tanpa sebab.

Omelan yang tanpa sebab bukanlah hal yang baik, malahan dapat menimbulkan hubungan yang buruk dan tekanan emosional.

Penting bagi para istri untuk mengetahui kondisi dan mengatur omelannya.

Mana omelan yang memiliki tujuan yang baik, mana omelan yang hanya sekedar pelampiasan emosi semata. 
Jika tidak perlu melalui omelan, coba katakan dengan cara yang lebih lembut. Namun bila memang perlu, coba tekankan maksud dan tujuan dengan jelas dan baik.

Sedangkan untuk para suami, cobalah berdiskusi dengan istri kamu bila kamu merasa tidak suka dengan omelannya. Mungkin ada cara yang lebih baik dan ramah yang dapat dilakukan.

Suami juga harus mengetahui kalau teguran dan omelan istrinya ialah bentuk kasih sayang yang nyata.

Sumber: Popmama.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

HUT IDI Ke-72, Momen Perkuat Dukungan Peran Dokter

Karawang – Bupati Karawang, dr. Hj. Cellica Nurrachadiana menghadiri malam ...

%d bloggers like this: