RS Lira Medika Gelar Donor Darah Bantu Persediaan PMI

KARAWANG – Menipisnya stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Karawang lantaran imbas dari pemberlakuan physical distancing, mengakibatkan pendonor darah alami penurunan. Menyikapi hal itu, Rumah Sakit Lira Medika menggelar donor darah pada Hari Senin (6/4) lalu.

Bekerjasama dengan PMI, agenda rutin tersebut berhasil mengumpulkan setidaknya 69 kantong darah dari sekitar 90 peserta yang terdaftar. Koordinator PMI Kabupaten Karawang, Ade mengatakan, ada beberapa yang gagal mendonorkan darahnya dikarenakan tidak memenuhi syarat pengecekan. “Namun hasil yang terkumpul sudah melebihi dari batas kuota yang ditentukan oleh PMI,” ungkapnya.

Sementara, Humas RS Lira Medika, dr. Aditya mengatakan, kegiatan donor darah itu merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap tiga bulan sekali. Ini menjadi bentuk dedikasi dan tanggung jawab kepedulian RS Lira Medika dalam membantu sesame, kahususnya bagi yang membutuhkan darah. Selain itu, kegiatan donor darah juga bertujuan untuk mengkampanyekan hidup sehat di kalangan karyawan dan pengunung.

“Dengan donor darah, mereka dapat merasakan manfaat kesehatan seperti menjaga sirkulasi darah, meningkatkan sirkulasi darah, hingga membantu deteksi penyakit secara dini,” ujarnya kepada Fakta Jabar.

dr. Aditya menambahkan, sebelum memasuki area lokasi donor darah, di lantai 2 J-Klinik RS Lira Medika, peserta yang hadir dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh petugas meliputi pemeriksaan suhu dan cuci tangan menggunakan hand sanitizer. Lebih lanjut, pemeriksaan kesehatan dilakukan sebelum mendonor oleh petugas PMI. Meski dalam situasi pandemi Covid-19, peserta donor darah nampak antusias, bahkan tak hanya dari jajaran staf karyawan Lira Medika, tetapi para pengunjung dan masyarakat umum.

“Ini menunjukan bahwa RS Lira Medika tetap kondusif dan aman untuk dikunjungi. Masyarakat tidak perlu khawatir karena RS Lira Medika sudah melakukan langkah preventif dengan memperketat pengawasan dan kebersihan setiap saat,” jelasnya.

Masih dr. Aditya menambahkan, dalam pelaksanaan donor darah RS Lira Medika tetap memberlakukan ketentuan physical distancing sebagaimana anjuran pemerintah dalam situasi pandemi Covid-19. Diantaranya, peserta dihimbau untuk menjaga jarak satu sama lain selama proses donor darah berlangsung. Usai mendonorkan darah, peserta donor pun mendapatkan bingkisan.

“RS Lira Medika mengutamakan kenyamanan seluruh pengunjung serta mengutamakan keselamatan pasien dan mutu pelayanan yang didukung dengan fasilitas lengkap dan modern serta tenaga medis yang profesional dibidangnya,” tandasnya.Diketahui bahwa layanan intensive care RS Lira Medika melayani pasien dengan kondisi kritis dari berbagai macam usia, seperti keperluan Perinatologi, NICU, PICU, ICU dan HCU. Layanan ini mengutamakan keselamatan pasien dengan tim medis yang profesional dibidangnya, serta perawatan yang sudah terverifikasi dan dipimpin oleh dokter spesialis anastesi dengan sertifikasi Konsultan Intensive Care (KIC). (rls/lil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Hari Ini, Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist Tingkat Kabupaten Karawang Dimulai

Kepala Sub Koordinator Bina Mental Spiritual Kesra Setda Pemkab Karawang, ...

%d bloggers like this: