Pupuk Nasionalisme, Warga Pesona Kalangsuria Langsungkan Upacara 17 Agustus

KARAWANG – Detik detik Upacara Proklamasi Kemerdekaan RI Ke-74 diperingati secara khidmat seluruh warga Perumahan Pesona Kalangsuria, Desa Kalangsuria, Kecamatan Rengasdengklok, Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu (17/8/2019) pagi.

Dengan penuh khidmat, ratusan warga yang menjadi peserta upacara, memberikan penghormatan pada sang saka Merah Putih yang berkibar. Tak mau kalah dengan upacara resmi kenegaraan, langkah tegap pengibar bendera dan pembacaan teks Proklamasi pun berjalan sempurna.

“Dengan upacara ini, kami ingin menanamkan rasa nasionalisme yang tinggi pada seluruh masyarakat. Khususnya, generasi muda bangsa Indonesia. Jangan sampai rasa nasionalisme di jiwa tergerus,” ungkap Kadus Pesona Kalangsuria, Anwar, yang juga berlaku selaku pembina upacara dalam kegiatan tersebut.

Ditambahkan Edi Wiyono, Anggota BPD Kalangsuria yang juga dalam pelaksanaan Upacara 17 Agustus itu bertindak sebagai Pemimpin Upacara, rasa nasionalisme wajib dimiliki seluruh masyarakat. Dengan menggelar upacara bendera hari ini, pihaknya berharap masyarakat di Perumahan Pesona Kalangsuria, tetap menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia.

“Peran masyarakat yang unggul, sangat dibutuhkan bangsa Indonesia di masa mendatang. NKRI harus kita jaga bersama sampai kapan pun,” tuturnya.

Ada yang unik dalam upacara 17 Agustus yang baru pertama kali dilangsungkan di Perumahan Pesona Kalangsuria ini. Selain  pada umumnya melibatkan aparat desa, ibu ibu atau emak emak mengisi kegiatan dari mulai pengibar bendera hingga pembawa lagu wajib.

Sejumlah peserta pun tampak mengenakan seragam tema kemerdekaan yang secara sukarela dikeluarkan dari uang pribadi.  (red)

Video:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pupuk Subsidi untuk Petani Karawang Akan Ditambah

KARAWANG– Pupuk subsidi bagi petani di Kabupaten Karawang akan ditambahkan ...