3 Anak dari Satu Keluarga di Subang Positif HIV

FAKTAJABAR.CO.ID – Hingga Juni 2019, dari 6.757 orang yang dites HIV di Kabupaten Subang, Jawa Barat, ditemukan ada sebanyak 97 orang positif HIV.
Bahkan yang memprihatinkan dalam usinya ada pergeseran di bawah 15 tahun. Ternyata mereka menjadi korban atau terlihat dalam kegiatan seks menyimpang.

Demikian diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan Subang, dr. H. Nunung melalui Program Manager HIV/AIDS Dinkes Subang, Suwata usai memberikan paparan pada Rakor dan Evaluasi KPA Subang di Grand Hotel Jalan A Yani, Selasa (19/11/2019).

Dia menambahkan, kaum adam mendominasi terbukti dari total 230 orang temuan baru tahun 2018, 60 persennya berjenis kelamin laki-laki atau sebanyak 138 orang. Dari jumlah itu 77 positif AIDS dan sisanya 153 HIV serta kebanyakan berusia produktif dari 29 tahun ke bawah. “Nah, tahun 2019 hingga Juni dari 6.757 yang dites HIV ditemukan ada sebanyak 97 orang positif HIV dan kini sudah masuk dalam perawatan serta sebagian besar kaum laki-laki terutama homoseks,” katanya.

Sedangkan dari grafik sebaran kasus HIV/AIDS berdasarkan risiko pekerjaan, pada tahun 2018 yang paling banyak dan tertinggi yang terjangkit yaitu wanita pekerja seks (WPS) sebanyak 572, ibu rumah tangga (IRT) 381, buruh 277, wiraswasta 211, warga binaan 70, karyawan 69, anak 66, waria 44, tidak bekerja 36, sopir 38, petani 36, TKI 20, PNS 15 serta tercatat pula pelajar, penata kecantikan, nelayan, mahasiswa/pelajar, TNI/Polri, pekerja seni, dosen dan satpam yang jumlahnya masing masing di bawah 10 orang.

“Temuan itu bukan karena jumlahnya. Yang justru diperlukan adalah pengkajian lebih dalam termasuk sasaran untuk pencegahan dan penanggulangannya. Tetapi masih banyak yang berisiko tidak terpantau dan akhirnya sudah menjalar ke ibu rumah tangga hingga balita,” ungkapnya.

Bahkan, lanjutnya, pada Agustus 2019 lalu ditemukan kasus HIV/AIDS di satu keluarga dengan 3 anak. Setelah diteliti, ibunya pernah bekerja di luar negeri dan ternyata selama ditinggal suaminya beraktivitas seks yang penuh risiko. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Viral ! Isak Tangis Istri Gubernur Pecah

Faktajabar.co.id – Unggahan video istri Gubernur Jawa Barat, Atalia menjadi ...