Sampah di Tunggakjati Mau Dibereskan Pakai DAU

KARAWANG – Perjalanan panjang usaha Camat Karawang Barat, Lasmi Ningrum, untuk menyelesaikan persoalan sampah rumah tangga masyarakat Kelurahan Tunggakjati mulai menemui jalan keluar. Diantara kelurahan lainnya, Camat Karawang Barat mengakui paling sulit mengurai persoalan sampah di Kelurahan Tunggakjati.

Saat ini, menurutnya, kelurahan karangpawitan, diikuti kelurahan mekarjati, tanjungpura, sudah mulai bisa keluar dari masalah penumpukan sampah. Namun, hingga kini khusus kelurahan tunggakjati belum juga berjalan terkait pengelolaan sampah rumah tangga sesuai pembinaan dari Pemerintah Kecamatan Karawang Barat.

“Sebelum permohonan sampah disampaikan Masyarakat kelurahan Tunggakjati, Kecamatan Karawang Barat. Mulai tahun 2018 persoalan sampah pernah menyebabkan keributan antar kelurahan mekarjati dan tunggakjati. Herannya, untuk Mekarjati bisa mengikuti arahan dRi kami, entah kenapa untuk tunggakjati agak sulit,” jelasnya.

Bahkan, Camat Karawang Barat telah mencoba beberapa program kebersihan, mulai dari progran pemilahan sampah dan Bank Sampah yang sudah terbentuk di kelurahan lainnya.

Ketua RT dan RW sudah pernah dikumpulkan untuk mencari cari lokasi buat TPSS atau sediakan Bak Sampah berupa bak kontainer.

Menerima keluhan warganya, Camat Karawang Barat langsung mencatat dan mempersiapkan program gerakan bersih bersih kerja bakti dengan masyarakat setempat. Kasie Eksbang, Agus Pramudiya secara tegas siap untuk menindaklanjuti laporan dari masyarakat sekaligus menjalankan instruksi Camat Karawang Barat menggelar ulang soaialisasi cara pengelolaan sampah yang digiatkan Pemerintah Kecamatan Karawang Barat.

Tahun ini, Camat Karawang Barat melalui Kelurahan Tunggakjati telah mempersiapkan program baru untuk mengatasi permasalahan sampah menggunakan dana DAU melibatkan kelompok masyarakat. (sgt)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Jelang Mayday, SPSI Karawang Siapkan 500 Masa Aksi Untuk Kepung Istana Negara

Karawang – Menjelang hari peringatan may day pada tanggal 1 ...