Sekilas Info

Diinisiasi KKN Mahasiswa Unsika, Warga Desa Kutawargi Gelar Upacara HUT Kemerdekaan RI Ke-73 di Sawah

KARAWANG-Upacara bendera tidak hanya digelar dilapangan bersama kalangan pelajar dan pemerintah. Petani dan ibu rumah tangga (IRT) warga Desa Kutawargi Kecamatan Rawamerta pun tak mau ketinggalan dalam mengikuti peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73. Diinisiasi Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) tahun 2018, para petani dan ibu-ibu di Desa Kutawargi Kecamatan Rawamerta, juga menggelar upacara HUT Kemerdekaan RI ke-73, tapi bukan dilapangan pada umumnya, melainkan di area persawahan, (Jum’at (17/8). Suasana berlangsung khidmat dan para peserta terlihat sangat antusias, mengingat ini adalah pengalaman pertama dalam hidupnya terutama yang dirasakan para petani dan ibu rumah tangga.

Upacara yang digelar di area persawahan Desa Kutawargi, tersebut, bertujuan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme, di samping mengenang para pejuang kemerdekaan yang sebagian besar adalah rakyat kecil seperti petani yang telah mengorbankan jiwa dan raganya. Tujuan lain dari upacara bendera ini adalah untuk mempersatukan kembali semangat kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama.

Kades Kutawargi, Sukmadi mengapresiasi ide dari para mahasiswa yang tengah menjalani KKN tersebut, menurutnya, pelaksanaan upacara HUT kemerdekaan yang digelar di area persawahan ini karena mayoritas pekerjaan warga Desa Kutawargi adalah sebagai petani. Sehingga diharapkan kegiatan ini dapat memupuk rasa nasionalisme warga terutama bagi para petani.

“Hal ini untuk memupuk rasa nasionalisme warga dan juga untuk menjaga keutuhan NKRI,” tegasnya.

Sementara Ketua Program KKN Desa Kutawargi, Abdul Aziz mengungkapkan jika upacara bendera ini ingin dilaksanakan secara sederhana dan merujuk pada tema besar peringatan HUT kemerdekaan RI ke-73 yaitu “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Melalui kerja nyata masyarakat diharapkan mampu memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara dengan bekerja secara profesional dan bersungguh-sungguh sesuai dengan profesi yang digeluti.

Harapan serupa juga disampaikan Gina, salah seorang perwakilan KKN, Gina mengharapkan agar masyarakat khususnya warga Desa Kutawargi bisa tetap mempertahankan semangat nasionalisme, tidak hanya saat perayaan HUT Kemerdekaan saja melainkan dalam kehidupan sehari hari.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Bentuk Kekecewaan Massa Aksi HMI Bakar Boneka Pocong

KARAWANG – Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Islam ...