Sekilas Info

Roadshow Bina Wilayah Forum Pengelola PKBM Diharapkan Tingkatkan Kualitas Pendidikan

dok.

TELAGASARI- Forum Komunikasi Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( FK PKBM) Karawang gelar roadshow bina wilayah pada 46 PKBM se Karawang mulai Januari 2018. Bina wilayah dibagi dalam 5 zona yang sebelumnya digelar di Kecamatan Pakisjaya dan kali ini kegiatan tersebut diadakan di Kecamatan Telagasari Sabtu 26/1 kemarin.

Ketua Forum PKBM Karawang, Heru Saleh mengatakan, Bina Wilayah ini adalah program yang di inisiasi forumnya yang diharapkan bisa meningkatkan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Selain di Pakisjaya yang merupakan Binaan di Wilayah 1, Pada Sabtu 26/1 kemarin, pihaknya merambah ke Wilayah 2 yang kebetulan di selenggarakan langsung di aula Kantor PGRI Cabang Telagasari, meliputi Kecamatan Telagasari, Lemahabang, Cilebar, Rawamerta, Tempuran dan Majalaya.

“Output yang ingin di capai dalam kegiatan Bina Wilayah ini adalah mewujudkan kepedulian atas kemajuan PKBM, kebersamaan dalam kemajuan dan Kemandirian dalam penyelenggaraan untuk mewujudkan pendidikan non formal yang berkualiats dan bermartabat,”Jelasnya kepada Fakta Jabar, Sabtu (26/1).

Sebab, sebut Heru, dalam setiap Bina Wilayah ini, pihaknya menghadirkan narasumber dari lintas sektor, seperti Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Dinas Pendidikan Kabupaten maupun Provinsi. Semua itu, harapannya kedepan bisa terintegrasi dengan potensi lokal yang ada di wilayah masing-masing, sebab PKBM dengan warga belajar kesetaraan yang mencapai 8 ribuan ini berpotensi untuk diberdayakan.

” Kali ini kita di wilayah 2, Insya Allah bina Wilayah ini akan rampung Februari mendatang,” Katanya.

Pengelola PKBM Asholahiyah Cilamaya Kulon ini juga menambahkan, PKBM sebagai lembaga pendidikan non formal masih saja ada anggapan yang menilai sebagai pelengkap, pengganti dan penambah. Karenanya, melalui bina wilayah yang sumber anggarannya ini murni dari semua pengelola PKBM, diharapkan mewujudkam pendidikan non formal ini sebagai pilihan. Sebab, tutor dan pengelola PKBM di Karawang, sudah ada yang masuk ketingkat nasional terbaik, begitupun hasil karya para peserta didiknya. Bahkan, kegitan Bina Wilayah yang sampai mengundang pemateri dari PP Paud dan Dikmas Pemprov Jawa Barat Dr Uum Suminar M.Pd di Telagasari ini bisa dijadikan contoh, agar pengembangan kegiatan semacam ini diperluas dikabupaten/kota lainnya di Jawa Barat.

” Bina Wilayah yang kita laksanakan ini diharapkan bisa di adopsi oleh Kabupaten/kota lainnya di Jawa Barat,” Katanya.

Lebih jauh Heru berharap, PKBM yang diantaranya mengelola Program Paud, Keaksaraan/ Tuna Aksara, Kursus, Taman Baca Masyarakat dan Pendidikan Kecakapan Hidup ( PKH) ini semakin berkembang dan maju, apalagi, pihak FK PKBM paska bina wilayah ini targetkan 17 PKBM bisa ter akreditasi tahun ini dengan cakupan 8 standar yang di nilai tim Asesor.” Kedepan, program kami juga membina target akreditasi di 17 PKBM, semoga semuanya lancar ditahun ini,”Pungkasnya.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Terungkap! Inilah Penyebab Antoni Tega Menghabisi Nyawa Bocah SD di Karawang

KARAWANG-Kasus tewasnya RA warga Kecamatan Kotabaru akhirnya terungkap. Diketahui jika ...