Menguak Vibranium di Film Black Panther

Kostum Black Panther

Fakta – Sentuhan teknologi dalam penampilan Film Black Panther telah menjadi perhatian banyak pihak. Salah satu yang menarik perhatian adalah material vibranium.

Material berupa logam dari luar angkasa ini memang super. Dalam film tersebut, vibranium, yang berasal dari meteorit yang jatuh ke bumi itu dimanfaatkan oleh bangsa Wakanda sebagai sumber kekuatan.

Dalam film tersebut, material Vibranium dibuat menjadi bahan baju ketat yang kebal peluru dan membuat Raja T’Challa punya kekuatan super. Saluran YouTube bertajuk Because Science membedah bagaimana vibranium menjadi kekuatan super bangsa Wakanda.

Saluran itu menjelaskan, materi vibranium menyerap energi kinetik apa saja yang mendekati sehingga membuatnya sulit dihancurkan. Vibranium menyerap dan menyimpan energi kinetik dan kemudian mengubahnya sebagai energi potensial elastis.

Dalam hal menghadapi serangan proyektil peluru kaliber 9 milimeter, materi vibranium pada baju Raja T’Challa, mampu menaklukkan dan mengubah serangan peluru itu menjadi energi setara 500 joule. Saat menghadapi serangan 17 proyektil peluru bersamaan maka baju super T’Challa bisa menyimpan energi sekitar 8.330 joule.

Jika musuh melesakkan 30 peluru pada senapapan AK-47, maka akan ada energi sejumlah 62 ribu joule, yang dihasilkan oleh materi Vibranium.

Lantas bagaimana materi vibranium bisa menghasilkan kekuatan yang meledakkan mobil. Kalkulasinya, itu bisa terjadi dengan ketentuan baju vibranium menyimpan ribuan juole dan miliaran materi vibainium yang dikompresi. Dalam kondisi ini maka akan menghasilkan kekuatan dengan kecepatan 10 meter per detik atau 20 mil per jam. Kekuatan inilah yang akan menghancurkan mobil.

Apa yang disajikan dalam film Black Panther bisa menjadi ‘inspirasi’ bagi ilmuwan untuk mengembangkan materi yang tahan dan super kuat.

Untuk menyimpan vibranium maka diperlukan pegas vibranium seukuran molekul skala nano kecil untuk bisa menyerap dan menyimpan energi kinetik.

Di dunia nyata, tepatnya pada Desember 2017, sebuah riset dipublikasikan di jurnal Nature Nanotechnology. Para ilmuwan mengklaim telah menemukan material yang fleksibel dan ringan, serta bisa berubah menjadi lebih keras dan kuat jika bertemu dengan tekanan yang keras. Material ini memiliki kekuatan yang sama dengan vibranium.

Marvel menyebut jika Vibranium muncul berkat hantaman meteorit ke bumi. Selain digunakan untuk melindungi bangsa Wakanda dan membuat baju super Black Panther, Vibranium juga digunakan sebagai materi dalam pembuatan perisai Captain America. (viva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Kontes Ikan Koi Tingkat Jabar, Peserta Asal Karawang Juara Kategori Campion C Junior

KARAWANG – Sabtu, (01/02/2020), di Techmomart Lantai II Galuh Mas Karawang pecinta budidaya ikan Koi ...