Disnaker Bina Perempuan Desa

BINA: Pelatihan berbasis Kewirausahaan yang digagas oleh BLK Disnakertrans Kabupaten Karawang

KARAWANG-Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, Ahmad Suroto. Mengatakan, Pelatihan Berbasis Kewirausahaan (PBK) yang digagas oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Disnakertrans Kabupaten Karawang. Merupakan realisasi dari Program Pembinaan Perempuan Desa, yang bermuara kepada pemberdayaan ekonomi masyarakat.

“Program ini, untuk realisasi pembinaan perempuan Desa. Untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, ” katanya kepada Fakta Jabar, Rabu (14/3).
Sementara, lanjut Kadisnaker. Wilayah yang menjadi target dalan program tersebut yakni wilayah di sekitar aliran citarum, sekaligus mendukung program Citarum Harum. Adapun, sambung Suroto. Kegiatan pelatihan menitik beratkan kepada Keahlian padat Karya,  seperti menjahit, dan tata rias.
“Daerah yang dilalui sungai Citarum, dilakukan program pelatihan padat karya, seperti menjahit Dan tata rias. Sebagai bentik dukungan terhadap program Citarum Harum, ” sambungnya.
Namun, masih Kata Suroto. Setelah kegiatan berjalan. Akan diselaraskan dengan kebutuhan di berbagai wilayah, seperti Pangkalan, Cilamaya, Rengasdengklok. Sesuai dengan potensi ekonomi sekitar. Untuk memberdayakan para purna TKI.
Saat ditanya daerah mana saja yang sudah berjalan, pihaknya mengutarakan beberapa Desa, lanjut Djoehari. Sudah berjalan. Seperti Desa Sirnabaya,  Kecamatan Telukjambe Timur diadakan pelatihan kejuruan Garmen Apparel,di Desa Belendung Kecamatan klari, diberikan pelatihan Tekhnik listrik, di Desa Sindangkarya Kecamatan Kutawaluya diberikan pelatihan Kejuruan Tata Boga.
“Diberbagai wilayah juga akan digelar pelatihan serupa, namun basicnya kepada potensi ekonomi setempat. Untuk memberdayakan warga yang pulang dari luar negeri, atau purna TKI, agar tidak ada niatan untuk balik lagi keluar negeri, ” tukasnya. (dds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Peran Penting Perempuan dalam Dunia Politik

Fakta Jabar.co.id – Kontribusi perempuan di sektor politik menjadi keharusan. ...

%d bloggers like this: