Tahukah Anda Kenapa Karawang Dijuluki Kota Industri? Begini Asal Usulnya

KARAWANG – Selama ini Kabupaten Karawang dikenal sebagai Kota Industri. Namun tahukah anda, berapa sebenarnya kawasan dan jumlah pabrik yang tersebar di daerah kabupaten tersebut?

Dari data yang dihimpun Fakta Jabar di Disnakertrans Karawang, memang hingga tahun 2018 terdapat 13.756.358 hektar luas lahan yang diplot sebagai lahan industri. Kawasan tersebut tersebar antaralain sebagai Kawasan Industri Khusus , Kujang, Indotaisae, Mandala Putra, KIIC, Suryacipta dan KIM.

Baca Juga: Duh…..106.717 Pengangguran di Karawang Bingung Cari Kerja

Adapun zona industri yang dicantumkan dalam penataan ruang, yakni dititik beratkan pada sejumlah kecamatan meliputi Kecamatan Telukjambe Timur, Cikampek, Klari, Purwasari, Pangkalan, Rengasdengklok.

Lalu bagaimana dengan jumlah perusahaan atau pabrik di Kabupaten Karawang? Masih berdasarkan data dihimpun di Disnakertrans Karawang, dijelaskan bahwa hingga 2018, jumlah pabrik yang beroperasi di kabupaten ini sebanyak  1.762 pabrik. Rinciannya pabrik swasta sebanyak 787, PMDN sebanyak 269, PMA sebanyak 638, dan
Join ventur tercatat sebanyak 58 pabrik. (dds)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Pengurus APTRINDO Karawang Periode 2019-2024 Resmi Dilantik

BANDUNG – Pengurus Dewan Pimpinan Cabang Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Kabupaten Karawang periode 2019-2024 ...