6 Penemuan yang Menggemparkan dan Menghebohkan Warga Karawang

KARAWANG – Seiring berjalannya waktu, rupanya dibeberapa daerah Kabupaten Karawang telah banyak penemuan-penemuan yang menggemparkan dan menghebohkan jagad kabupaten berjuluk Kota Padi ini. Setiap penemuan yang ditemukan memiliki nilai history tersendiri. Dan dari situlah penemuan ini membuat heboh dan menggemparkan banyak warga di Karawang.

Dari beberapa penemuan yang telah terekspos dan telah menghebohkan banyak warga, tentunya kalian pasti ingin tahu apa saja penemuan-penemuan tersebut bukan? Dari pada penasaran, berikut 6 penemuan di Karawang yang menggemparkan dan menghebohkan.

1. Penemuan harta karun peninggalan VOC abad 19 di laut pasir putih di Cilamaya Kulon 14 November 2016

 

 

 

Adalah nelayan dan kelompok masyarakat pengawas pesisir (Pokmaswas) yang menemukan benda harta karun di Cilamaya Kulon Kabupaten Karawang ini. Penemuan ini sudah diserahkan ke Kementerian Kelautan dan Perikanan.

 

 

 

 

2. Penemuan patung wanita bugil diduga peninggalan purbakala di Cilamaya wetann 29 September 2015

 

 

 

Adalah warga Dusun Sidamulya RT 06/08, Desa Cilamaya, Kecamatan Cilamaya Wetan, Kabupaten Karawang yang menemukan patung diduga benda purbakala ini. Patung ini seberat lebih dari 1 kwintal.

 

 

 

3. Penemuan benda jenis besi tua mirip lokomotif jaman  penjajahan 17 Agustus 2017

Penemuan benda mirip lokomotif ini bermula saat salah seorang warga asal Kabupaten Bekasi, Sailan, tengah melakukan penggalian di sekitar lapangan bola yang ada di pinggir sungai Citarum, Dusun Pasar RT.01 RW. 01 Desa Kampungsawah, Kecamatan Jayakerta pada Kamis (17/8/2017). Saat sedang melakukan penggalian, tiba-tiba cangkul yang dipegang Sailan menghantam benda keras yang ada di dalam tanah.

 

4. Penemuan bom aktif jenis mortir di Kawasan Industri International City (KIIC) di Kampung Kiarajaya, Desa
Margamulya, Kecamatan Telukjambe Timur,  16 Desember 2015.

Penemuan bom mortir ditempat ini adalah yang kedua kali. Kuat dugaan bom ini peninggalan perang Malaysia-Indonesia (Malindo).T anah tempat penemuan bom memang sedang dikeruk dan diratakan untuk perluasan kawasan industri. Saat itu, benda ini ditemukan petugas alat berat setelah benda ini menyembulnya dari dalam tanah. Peristiwa tersebut kemudian langsung dilapaorkan ke Polsek Telukjambe Timur dan dilanjutkan ke Kepolisian Resor Karawang.

5. Penemuan buaya beranting emas dengan panjang 1 meter dan  berbobot 4 kg di Dusun Tanjungjaya, Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Karawang, 16 April 2015.

Temuan buaya berukuran panjang 1 meter dan berbobot 4 kg tersebut ditemukan Karma, Dusun Tanjungjaya, Desa Telukbuyung, Kecamatan Pakisjaya, Karawang. Saat ditemukan, buaya ini terjaring oleh jala jala Karma di sungai Citarum dekat rumahnya.  Lantara buaya yang ditemukan memilki anting emas di bagian bawah mulutnya, warga lantas berbondong-bondong kekediaman Karma. Ada yang mengait-kaitkan buaya itu dengan jelmaan makhluk tertentu.

 

6. Penemuan harta karun peninggalan kerajaan tahun 1998 di Desa Kendal Jaya Kecamatan Pedes, tepatnya di Dusun Kobak Kendal.

Hebohnya perburuan harta karun Kendal Jaya, atau daerah yang akrab disapa Kampung Dongkal ini, berawal ketika warga setempat tidak sengaja menemukan benda benda purbakala, khususnya yang terbuat dari emas. Bahkan sekitar tahun 2007, Dusun Kobak Kendal kembali menarik perhatian Pusat Penelitian dan Pengembangan Arkeologi Nasional setelah surat kabar maupun media televisi memberitakan temuan benda purbakala terbuat dari emas ini.

Lokasi penemuan harta karun dongkal yang sempat ditulis oleh (Sutayasa,1969: 33), berada di areal persawahan. Untuk mencapai lokasi dapat ditempuh dengan kendaraan roda empat dari Pasar Rengasdengklok mengambil arah Kecamatan Pedes sekitar 10 Km.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Deretan Kios di Asy-Syuhada Diduga Tak Berizin, H Deden Darmansyah : Harusnya Disegel Pol PP

KARAWANG – Pembangunan kios yang ada di halaman Masjid Besar ...