PKBM Tingkatkan IPM Melalui Karawang Cerdas

KARAWANG-Pendidikan Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) memiliki arti penting untuk meningkatkan kualitas dalam memberikan pembelajaran kepada siswa. Program Karawang Cerdas yang juga terdapat di PKBM, diharapkan akan memberikan dampak pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Sebab lembaga ini memiliki peran dalam mencerdaskan masyarakat di daerah.

Ketua Forum Komunikasi PKBM Kabupaten Karawang, Heru Saleh mengatakan, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) bisa menjadi pilihan untuk menempuh Pendidikan bagi masyarakat Karawang. Selain itu, PKBM dapat menjaring mereka yang tidak melanjutkan sekolah. Agar mendapatkan Ijasah Paket A, B dan C untuk setingkat SMA.

“Salah satu program Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) adalah Pendidikan Kesetaraan, dimana Pendidikan Kesetaraan meliputi Paket A setara SD, Paket B Setara SMP dan Paket C Setara SMA,” jelasnya pada Fakta Jabar, Rabu (27/6).

Menurutnya, masyarakat Karawang bisa mengikuti program Karawang Cerdas di PKBM, bukan hanya itu di PKBM juga akan didapat berbagai jenis Life Skill untuk menunjang keterampilan sehingga bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk kesejahteraan Keluarganya.

“Adanya Program Karawang Cerdas Bisa diharap memenuhi Kebutuhan Pendidikan yang ada di Karawang dan sebagai pilihan masyarakat untuk melanjutkan pendidikan. Disamping itu, Pendidikan Kesetaraan ini juga sudah 100 % menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) walaupun masih pinjam tempat Ke sekolah formal. Kedepan, PKBM Kabupaten Karawang menargetkan untuk bisa menyelenggarakan UNBK secara mandiri. Melalui Program Karawang Cerdas Kita Wujudkan Pendidikan Non Formal (PNF) yang bermartabat dan Berkualitas,” Pungkasnya.(her)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Perusahaan Tidak Taati Aturan, Kadisnaker Ancam Tidak Akan Teken PKWT

KARAWANG – Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Karawang, H. A Suroto, menyebutkan ...