30 Desa Berebut Gelar Desa Bersih

KARAWANG- Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Karawang menggelar lomba kebersihan tingkat desa se Kabupaten Karawang. Menurut Wawan Setiawan, Kepala DLHK, lomba desa ini dalam rangka memperingati hari lingkungan tahun 2018.

“Peringatan hari lingkungan tahun ini kita gelar lomba desa bersih tingkat kabupaten,” kata Wawan Setiawan, kemarin.

Wawan mengatakan, dari 309 desa dan kelurahan di Karawang yang mengikuti kontes itu hanya 30 desa dan kelurahan. Karena sebelum mengikuti lomba tingkat kabupaten diseleksi terlebih dahulu ditingkat kecamatan.

“Sekarang 30 desa dan kelurahan ini bertarung. Bukan hanya nama membawa nama desa, tapi nama kecamatan juga. Tiap desa mewakili kecamatan se Karawang,” kata Wawan lagi.

Kategori yang dilombakan sudah pasti lingkungan bersih dari sampah. Terhitung solokan atau drainase, tempat sampah, pembuangan sampah dan seterusnya. Dewan juri sendiri dari internal dinas LHK, DPMPD dan pemerhati lingkungan.

“Kita bagi tim dalam penilaian desa dan kelurahan. Satu tim melakukan penilaian 10 desa/kelurahan,” tambahnya.

Lanjut Wawan, tujuan diadakan lomba ini tentunya untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan. Kemudian bisa dijadikan persiapan Adipura.

“Bermuaranya kita ke Adipura. Sebelum itu kita lombakan tingkat kabupaten terlebih dahulu,” lanjutnya.

Hadiah lomba kebersihan sudah disiapkan. Salah satunya dengan pemberian cator cuma-cuma bagi yang juara.

“Pengumuman kita laksanakan 24 Juli 2018. Sekaligus perayaan hari lingkungan hidup,” ungkapnya.

Ada pun desa dan kelurahan yang mengikuti lomba kebersihan antara lain Desa Tanahbaru, Kecamatan Pakisjaya, Desa Segaran, Kecamatan Batujaya, Desa Srikamulyan Kecamatan Tirtajaya, Desa Puspasari Kecamatan Pedes, Desa Gebangjaya Kecamatan Cibuaya, Desa Ciptamargi Kecamatan Cilebar, Desa Sumberjaya Kecamatan Tempuran, Desa Kutamukti Kecamatan Kutawaluya, dan Desa Amansari Kecamatan Rengasdengklok.

“Selanjutnya Desa Wanasari Kecamatan Telukjambe Barat, Desa Sukaluyu-Telukjambe Timur, Desa Cipurwasari-Tegalwaru, Desa Mulyasejati-Ciampel, Desa Kiara Payung-Klari, Desa Lemahmulya-Majalaya, juga Desa Balongsari – Rawamerta,” jelas Wawan.

Karawang Barat sendiri, Wawan menyebutkan ada kelurahan Adiarsa Barat, Kecamatan Karawang Timur diwakili kelurahan Karawang Wetan. Desa Kiara mewakili Cilamaya Kulon, Desa Rawagempol wakilkan Cilamaya Wetan, Desa Mekarsari , Kecamatan Banyusari.

“Desa Cikalongsari, Kecamatan Jatisari, Desa Sarimulya, Kecamatan Kota Baru, Desa Dawuan Barat, Kecamatan Cikampek, Desa Bojongsari, Kecamatan Tirtamulya, Desa Pasirtanjung, Kecamatan Lemahabang, Desa Cariumulya, Kecamatan Telagasari dan Desa Sukasari, Kecamatan Purwasari,” pungkasnya. Perlombaan sudah dimulai pada awal Juli 2018.(cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Parah! Oknum ASN Subang Kepergok Nyabu

FAKTAJABAR.CO.ID – Salah seorang berstatus aparatur sipil Negara (ASN) yang bekerja dilingkungan Pemkab Subang kepergok ...