Bantuan Traktor Pemerintah di Telukambulu Batujaya Disalahgunakan Oknum?

H Solihin

KARAWANG – Bantuan pemerintah berupa unit traktor untuk kepentingan produksi pertanian di Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat diduga kuat digunakan oknum untuk kepentingan pribadi.

Salah satunya seperti informasi yang mencuat di Desa Telukambulu, Kecamatan Batujaya.

H Solihin R SE (50) salah seorang tokoh tani desa setempat mengungkapkan hal itu kepada Fakta Jabar. Menurutnya, kuat dugaan ada oknum sudah dari tahun ketahun memanfaatkan bantuan traktor dari pemerintah untuk kepentingan dan menjadi milik pribadi kelompok tani.

“Malahan terkadang keberadaan fisik traktor tersebut tidak jelas dimana rimbanya. meskipun ada para petani yang membutuhkan traktor harus bayar dulu dengan ongkos mahal,” ungkap Solihin.

Masih menurut Solihin, padahal bantuan traktor yang berupa hand traktor ini diberikan berdasarkan hasil rencana defenitif kebutuhan kelompok (RDKK) kelompok tani yang menyebutkan rincian kebutuhan pada sarana produksi (saprodi) petani.

“Tanpa RDKK gabungan kelompok tani mana mungkin bantuan hand traktor ini diberikan, tapi realitanya malah disalahgunakan oknum,” tudingnya.

Menjawab pertanyaan, Solihin menyebtukan permasalahan ini muncul lantaran kurangnya pengwasan bersama serta tidak terbukanya informasi dari ketua kelompok terhadap petani.

“jadinya kurang manfaat dan dampaknya tetap saja para petani kerepotan mengeluarkan biaya untuk sarana produksi,” tandasnya. (ded)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Belasan Siswa dan Guru Terluka Akibat Kebakaran di SMK Yadika 6 Bekasi

FAKTAJABAR.CO.ID – Kebakaran di SMA 4 Yadika Bekasi terjadi sangat cepat. Api yang membesar dengan ...