Kepala BNNK Karawang: Pihak Swasta Harus Kembangkan Program P4GN di Lingkungan Kerja

KARAWANG-Permasalahan narkoba sudah masuk ke dalam kondisi darurat, tingkat penyalahgunaanya pun sudah sangat meresahkan berbagai pihak. Oleh sebab itu, masyarakat harus lebih berhati-hati dan berupaya semaksimal mungkin untuk menekan penyalahgunaan narkoba yang suatu saat dapat mengancam lingkungan kerja maupun tempat tinggal.

“Lingkungan kerja bersih narkoba menunjang terlaksananya target perusahaan secara maksimal. Pasalnya, karyawan bekerja secara optimal karena fisik dan jiwanya tidak rusak akibat narkoba.Karyawan dapat berkonsentrasi secara penuh karena akal pikirannya serta dirinya,“ ujar Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Karawang, AKBP M Julian saat menjadi nara sumber dalam kegiatan pengembangan kapasitas P4GN (Workshop) di lingkungan Swasta di Hotel Mercure.

Dikatakan, saat ini di Indonesia kontribusi jumlah penyalah guna terbesar berasal dari kelompok pekerja, karena mereka memiliki kemampuan finansial dan tekanan kerja yang besar.

“Sehingga tingkat stres tinggi dan turut memicu orang untuk menggunakan narkoba. Selain itu mitos yang dipercaya bahwa narkoba dapat meningkatkan stamina dan memberikan rasa senang serta percaya diri bagi penggunanya. Hal itu sama sekali tidak benar dan justru menjerumuskan, bahkan banyak penggunan narkoba pada lingkungan pekerja menjadi gaya hidup,” ungkapnya.

Dikatakan Julian, kegiatan workshop ini juga dalam upaya mendukung program pemerintah untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba dilingkungan pekerja.

”Instansi swasta diharapkan dapat mengembangkan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) di lingkungan kerja masing-masing, sekaligus bersinergi dengan instansi terkait seperti Kemkes, BNN, Polri, Kemsos, serta membuat program tes urine secara berkala,” imbuhnya.

Pihaknya menambahkan, mindset masyarakat harus berubah terkait para pencandu/ atau penyalah guna supaya tidak ditangkap tapi harus diobati untuk menyelamatkan mereka.

”Pendekatan bagi penyalah guna narkoba dilakukan melalui metode rehabilitasi untuk mengobati para pencandu yang terlanjur menjadi penyalah guna narkoba oleh karenanya peranan instansi swasta juga diperlukan untuk turut serta memerangi peredaran gelap narkoba, sehingga para pekerja tidak terjerumus dalam bahaya penyalahgunaan narkoba,” Pungkasnya.

Dalam mendukung program pemerintah untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih dari peredaran dan penyalahgunaan narkoba dilingkungan pekerja juga upaya pencegahan bagi seluruh pekerja (one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Anak Penderita Stunting di Karawang Meninggal Dunia

Karawang – Seorang anak berusia 3 tahun berinisial Y yang ...