Pendaftaran CPNS Tahun 2018 Bulan Agustus, Ini Formasi Yang Dibutuhkan

KARAWANG – Pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2018 sudah final. Agustus ini akan segera diumunkan pembukaan pendaftaran.

Kabid Sub Bidang Pengadaan dan Pemberhentian Kepegawaian, Badan Kepegawaian dan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Karawang, Apip menjelaskan, pemerintah pusat memprioritaskan formasi PNS atau ASN yang dibutuhkan di antaranya yaitu tenaga pendidik atau guru dan tenaga kesehatan pada penerimaan CPNS tahun ini.

“Untuk informasinya terus pantau melalui Sscn.go.id dan Menpan.go.id sebagai wabsite resmi pemerintah. Kemudian Agustus ini akan di umumkan formasi lebih detailnya oleh BKN, mengenai penempatan posisi seleksi di tiap daerah,” kata Apip, kemarin.

Menurutnya utuk formasi guru dan tenaga kesehatan itu diluar teknis yang telah ditetapkan. Khusus guru honorer bakal ada teknis khusus yang harus dilakukan. Sementara guru honorer untuk tahun ini wajib melakukan tes CPNS.

“Jadi bagi CPNS pendidik dapat memenuhi persyaratannya sesuai aturan. Agar mudah melalukan seleksi menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT),” jelasnya.

Lanjutnya untuk prediksi pendaftaran CPNS di Kabupaten Karawang di perkirakan berkisar 20 persen. Namun ia akan meninjau kembali secara detailnya.

“Formasi yang di lakukan oleh pemerintah daerah yang menerima CPNS masih tertahan di Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB). Namun untuk sarana dan prasaran seleksi sudah siap,” lanjut Apip.

‌Kemudian ia mengingatkan kepada peserta CPNS 2018 harus mempunyai sebuah Account SSCN, dalam formulir tersebut, pelamar dapat mencatumkan NIK sesuai KTP dan KK, serta foto copi ijazah dan Transkip Nilai yan sudah di legalisir.

‌”Untuk dokumen tambahan bagi peserta lulusan Pendidikan Sarjana, Diploma/Sederajat, peserta wajib mempersiapkan, materai, fotocopy KTP, serta fotocopy latar seluruh pendidikan yg telah di tempuh oleh pendaftar CPNS,” bebernya.

‌Kata Apip Ijazah saja tidak cukup, untuk memenuhi syarat lengkap peserta harus mempersiapkan Akreditasi dari BAN PT berupa bentuk sertifikat.

“Dan itu tentu telah dipersiapkan oleh Perguruan Tinggi selama musim CPNS,” pungkasnya.(pkl/cim)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Gelapkan Anggaran Desa, Oknum Kades Ini Ditetapkan Jadi Tersangka

KARAWANG – Oknum Kepala Desa Pancawati Kecamatan Purwasari inisiap HAP ditetapkan tersangka dugaan penggelapan anggaran ...