Minta Tolong Melalui Grup FB, Puluhan Terduga Korban Penyekapan Akhirnya Bisa Diselamatkan

KARAWANG- Puluhan orang dari luar daerah mengaku disekap oleh komplotan calo tenaga kerja disebuah kontrakan di Kampung Jenebin, Desa Purwadana, Kecamatan Telukjambe Timur, Senin (13/8) malam.

Penyekapan tersebut terbongkar, usai salah satu korban meminta bantuan melalui postingan salah satu grup facebook, untuk dibantu dibebaskan karena mengaku disekap sekelompok orang selama beberapa hari.

Menurut salah seorang warga yang ikut dalam aksi pembebasan tersebut, Dedi mengatakan, korban terdiri dari 16 orang wanita, dan 14 orang laki-laki. Mereka ditempatkan di sebuah kontrakan dengan pengawalan sejumlah orang yang mengaku koordinator penempatan tenaga kerja untuk perusahaan di kawasan industri di Karawang.

“Korban orang luar Karawang, ada dari Cilacap, Lampung, Indramayu, Majalengka. Mereka sudah 3 hari lebih ditempatkan sebuah komplek kontrakan. Janjinya bakal ada tes buat masuk kerja,” kata Dedi.

Dari pengakuan salah satu korban kepadanya, para korban dipungut biaya sebesar Rp8- Rp11 juta per orang sebagai syarat pendaftaran masuk kerja. Mereka dijanjikan bekerja di pabrik oleh sejumlah orang yang mereka sebut koordinator.

Selama di kontrakan itu, mereka mengaku, dikawal ketat oleh sejumlah orang. Saat hendak keluar kontrakan pun mereka diawasi dan dikawal oleh orang yang disebut koordinator itu.

“Semalam, sekitar pukul 12 malam, hingga pukul 01.00 WIB, warga yang mengetahui berdatangan dan membebaskan korban, Lalu diangkut semua ke Polsek Telukjambe Timur untuk diminta keterangan,” ucapnya.

Kapolsek Teluk Jambe Timur, Kompol Ahmad Mulyana mengatakan, pihaknya tengah melakukan pemeriksaan terhadap para terduga korban. Kini pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan terkait adanya dugaan penyekapan tersebut.

“Kami masih dalami keterangan dari para korban,” kata Kapolsek melalui sambungan telepon.(one)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

x

Check Also

Semarak HUT PGRI ke 74 Kecamatan Pedes

KARAWANG – Peringati HUT PGRI ke 74,  Korwil Cambidik Kecamatan Pedes Kabupaten Karawang gelar rangkaian ...